Jusuf Kalla Puji Markas PMI Kalbar Era Pembangunan Gubernur Sutarmidji, Terbesar dan Termegah se-Indonesia

14 September 2024 17:29 WIB
Mantan wakil presiden Indonesia, Jusuf Kalla tinjau markas PMI Kalbar, di bilangan Jalan Sutoyo, Pontianak, Jumat (13/9/2024). Jusuf Kalla kagum dengan fasilitas bangunan Markas PMI Kalbar dibangun era Gubernur Sutarmidji, yang megah dan besar. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Jusuf Kalla puji markas PMI Kalbar. Menurut mantan Wakil Presiden, markas PMI Kalbar ini, terbesar dan termegah di Indonesia.

Adapun markas PMI Kalbar yang berada di bilangan Jalan Sutoyo, Pontianak, dibangun era Gubernur Surarmidji. Menelan anggaran Rp8-9 miliar dari dana APBD.

Jusuf Kalla pun berkesempatan berkeliling meninjau sisi-sisi markas PMI Kalbar, Jumat (13/9/2024). Ia tampak kagum. Para pengurus PMI serta relawan turut menyapanya. 

Sekretaris PMI Kalbar, Abussamah yang juga selaku Kepala Biro Hukum Setda Kalbar menyampaikan, salah satu agenda Jusuf Kalla datang ke Kalbar memang khusus ingin melihat langsung Markas PMI Kalbar yang telah beroperasi kurang lebih 1 tahun ini. 

"Pak Jusuf Kalla mengatakan kepada kami bahwa, markas PMI dan aula PMI ini, merupakan markas Palang Merah Indonesia yang terbesar dan termegah se- Indonesia," kata Abussamah. 

Sebagai informasi, bahwa pembangunan Markas PMI Kalbar dilakukan pada Kamis 6 April 2023 dan tuntas diresmikan pada 18 Agustus 2023.

Pembangunan markas baru ini memang telah dijanjikan oleh Sutarmidji—yakni dalam pidatonya saat membuka Musyawarah Provinsi (Musprov) PMI Kalbar ke-XIII tahun 2022, di Hotel Ibis Pontianak, Jumat 18 November 2022.

Seperti diketahui, bahwa PMI Provinsi Kalbar sebelumnya menempati gedung yang sudah kurang layak di Jalan KH Achmad Dahlan nomor 17, Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota.

Guna mendukung kerja-kerja kemanusiaan yang dilakukan PMI, Pemerintah Provinsi Kalbar pun kala itu membangunkan gedung baru yang lebih representatif dan kini sudah beraktivitas dengan maksimal. 

Markas PMI Provinsi Kalbar ini dibangun di atas tanah seluas 2.971 m², yang terdiri dari gedung markas dua lantai dengan luas 750 m² dan gedung aula pertemuan seluas 512 m².***


Penulis : Abdul Halikurrahman/bis
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar