Desa Batu Lintang Masuk Penilaian Nominasi ADWI 2024, Wabup Kapuas Hulu Bangga dan Doakan Tembus 5 Besar

8 September 2024 08:43 WIB
Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi memberikan pemaparan saat dampingi Direktur Tata Kelola Destinasi, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Florida Pardosi, yang dayanf melakukan penilaian terhadap Desa Lintang Batu, sebagai salah satu desa yang masuk nominasi ADWI 2024, Sabtu (8/9/2024). (Istimewa)

KAPUAS HULU, insidepontianak.com - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat dampingi Direktur Tata Kelola Destinasi, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Florida Pardosi, untuk melakukan penilaian terhadap Desa Lintang Batu, yang masuk 50 besar nominasi Desa Wisata ADWI 2024, Sabtu (8/9/2024). 

Desa Lintang Batu sendiri berada di Kecamatan Embaloh Hulu. Memiliki khasanah budaya Rumah Adat Betang Sungai Utik.

Di rumah betang ini, juga aktif kegiatan pengrajin seni kreatif, seperti membuat kerajinan etnik kain tenun, ukiran, kerajinan manik-manik dayak, dan seni tatto tradisional.

Potensi wisata inilah yang mengantarkan Desa Lintang Batu masuk nominasi ADWI 2024. Akan bersaing dengan 93 desa se-Kalimantan Barat dan 6016 desa se-Indonesia.

Ini menjadi sejarah baru bagi Desa Lintang Batu. Karena baru pertama kali masuk penilaian dalam ajang perngahragaan bergengsi skala nasional. 

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi turut bangga. Ia pun mengapresiasi pemerintah Desa Lintang Batu yang terus konsisten metawat  kekayaan budayanya. Sehingga bisa menjadi potensi wisata, dan bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. 

"Saya apresiasi dan bangga. Terima kasih kepada seluruh elemen yang bekerja sama dalam menyukseskan kegiatan ini. Terutama kepada masyarakat Desa Lintang Batu," ucapnya. 

Ia mendoakan, semoga Desa Lintang Batu bisa meraih hasil maksimal dalam ajang ADWI 2024.

"Miudah-mudahan, Desa Batu Lintang sukses dan bisa masuk dalam 5 besar Desa Wisata ADWI 2024," ucapnya. 

Untuk diketahui, Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI merupakan program Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Program ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada desa-desa wisata yang memiliki prestasi dengan kriteria-kriteria penilaian yang telah ditetapkan.***

 


Penulis : Sigit/bis
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar