Hama Ulat Makin Menjadi Serang Pohon Durian Petani di Sajingan Besar Sambas

13 Juni 2024 21:08 WIB
Pohon durian rusak diserang hama ulat di Dusun Sawah, Sajingan Besar. (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Hama ulat yang menyerang pohon durian petani di Sajingan Besar semakin merajalela, dan bikin petani resah.

Camat Sajingan Besar, Obertus mengatakan, saat ini hama ulat itu semakin banyak. Petani sudah kehabisan akal untuk membasminya. Serangan ulat itu begitu besar dan mematikan pohon durian.

Serangan hama ulat ini pun sudah dilaporkan ke Dinas Pertanian Kabupaten Sambas. Harapnnya, segera ada solusi untuk membasminya.

“Kemarin, hari Selasa dinas pertanian melakukan pemantauan menggunakan drone bersama dengan balai penyuluhan kecamatan di wilayah Tembawang," kata Obertus, kepada Insidepontianak.com, Kamis (13/6/2024).

Ia berharap hama ulat itu bisa segera diatasi. Sebab, jika terus dibiarkan, kahwatir tanaman pohon durian masyarakat di Sajingan bisa mati.

"Kebun lokal terutama durian lokal yang setiap tahun menjadi primadona Kecamatan Sajingan Besar yang berpotensi untuk menjadi urat nadi perekonomian akan terkendala karena serangan ulat ini," ujaranya.

Menurut Obertus, hama ulat itu sudah mewabah di tiga daerah. Yaitu, di Dusun Sawah, Dusun Batang Air, dan Dusun Sungai Enau.

“Kita harap, dinas pertanian segera menemukan cara untuk membasmi hama ulat ini,” pungkasnya.


Penulis : Antonia Sentia
Editor : -

Leave a comment