Dinas Pertanian Sambas Ajak Gapoktan Kelola Pekarangan Jadi Lahan Produktif

27 Juni 2024 13:52 WIB
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas gelar sosialisasi Pekarangan Pangan Lestari (P2L) kepada seluruh Gapoktan, Rabu (26/6/2024). (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas gelar sosialisasi Pekarangan Pangan Lestari (P2L) kepada seluruh Gapoktan, Rabu (26/6/2024).

Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan terhadap pemerintah dan kelompok pertanian di Kabupaten Sambas.

"Kegiatan P2L dilaksanakan untuk mendukung program intervensi stunting atau penanganan prioritas daerah rentan rawan pangan, atau pemantapan daerah tahan pangan," ucap Kabid Holtikultura, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sambas. Faat.

Ia juga menyebutkan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, pemanfaatan, dan pendapatan.

"Agar kelompok masyarakat bersama-sama mengusahakan lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas dan pemanfaatan, serta pendapatan,"ujarnya.

Lebih lanjut Ia menerangkan, agar masyarakat bisa memanfaatkan lahan perkarangan yang kosong digunakan untuk menghasilkan kebun yang produktif.

“Pemanfaatan lahan pekarangan, lahan tidur dan lahan kosong yang tidak produktif, sebagai penghasil pangan dalam memenuhi pangan dan gizi rumah tangga, serta berorientasi pasar untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga," lanjutnya.

Ia berharap, sosiasliasi ini bermanfaat bagi masyarakat, juga  dapat memahami dan bisa meningkatkan produktifitas pangan.

"Tentunya kami berharap dalam pelaksanaan ini kelompok tani (Gapoktan) semangkin semangat dan kembali meningkatkan produktivitas di lapangan nantinya,” tutupnya.***


Penulis : Antonoia Sentia
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar