Pohon Durian Petani di Sajingan Sambas Mulai Hijau Setelah Diserang Hama Ulat

20 Juli 2024 12:45 WIB
Pohon durian petani di Dusun Sawah, Desa Senatab, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas mulai berdaun setelah diserang hama. (Insidepontianak.com/Antonia Sentia).

SAMBAS, insidepontianak. com – Usaha pihak Dinas Pertanian Kabupaten Sambas, menyelamatkan tanaman durian petani di Dusun Sawah, Desa Sanatab, Kecamatan Sajingan Besar, yang diserang hama membuahkan hasil.

Sebelumnya, masyarakat setempat juga sempat melakukan ritual adat, yang diyakini sebagai upaya memberantas hama.

Kini, pohon durian petani di Dusun Sawah itu sudah mulai tumbuh daun baru, setelah sebulan meranggas dan kering.

"Puji Tuhan, ini berkat usaha bersama baik dari dinas pertanian dan ritual adat yang dilakukan masyarakat kita," kata Itus, salah satu petani durian kepada Insidepontianak.com, Jumat (19/7/2024).

Titus berharap, pohon duriannya terus tumbuh subur, sehingga bisa memberikan nutrisi kepada bakal buah durian, agar petani bisa panen maksimal.

"Semogga saja ini menjadi kabar baik bagi petani durian khususnya di Dusun Sawag, sehingga bisa panen," ucapnya.

Sebelumnya, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, terjunkan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), memberantas hama yang menyerang pohon durian petani di Sajingan Besar.

Petugas PPL juga dibantu petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pemprov Kalbar dalam penanganan hama ini.

Penanganan hama ulat dengan melakukan pengeboran di pohon durian untuk dimasukkan insektisida bahan aktif delta metrin

“Pestisida ini untuk merangsang daun agar ternutrisi kembali,” kata Anita, petugas POPT dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pemprov Kalbar. ***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : -

Leave a comment

wwwq

Berita Populer

Seputar Kalbar