Anggota DPRD Sanggau Dewi Marlina Serukan ASN Netral di Pilkada 2024

17 September 2024 15:53 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Anggota DPRD Kabupaten Sanggau, Fraksi Gerakan Solidaritas, Dewi Marlina

SANGGAU, insdepontianak.com -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sanggau Dewi Marlina dari Fraksi Gerakan Solidaritas menyerukan agar aparat sipil negara (ASN) dilingkungan Pemkab Sanggau bersikap netral pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sanggau tahun 2024.

"Kami Fraksi Gerakan Solidaritas mengingatkan pihak-pihak agar tetap patuh pada azas netralitas dan tidak berpihak dari bentuk pengaruh manapun atau kepentingan tertentu dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024," ujarnya pada Selasa (17/9/2024) siang.

Hal tersebut disampaikan Dewi Marlina selaku juru bicara Fraksi Gerakan Solidaritas (Fraksi Gabungan Partai Gerinda dan PSI) saat membacakan pandangan akhir fraksinya atas Raperda APBD Perubahan Kabupaten Sanggau tahun anggaran 2024 dalam sidang paripurna.

Dewi Marlina mengatakan, pihaknya menilai komitmen ASN untuk tetap netral sangat diperlukan untuk menjaga iklim demokrasi yang adil dan jujur di Kabupaten Sanggau. 

"Tentu juga kita menghindari masalah hukum yang bisa saja terjadi (kepada ASN) dikemudian hari," ujarnya.

Di sisi lain, untuk memastikan netralitas ASN selama Pilkada 2024 peranan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga diharapkan semakin efektif dan jeli melihat potensi pelanggaran netralitas.

Lalu, dukungan masyarakat untuk memperluas pengawasan secara partisipatif juga diharapkan bisa memaksimalkan proses pengawasan Pilkada, agar terwujudnya pemilihan yang jujur dan adil. (ans)


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar