Destinasi Wisata Alam Bukit Batu Kuran Sajingan Besar Sambas, Cocok Jadi Tempat Healing

14 Maret 2024 12:18 WIB
Suasana senja di destinasi wisata Bukit Batu Kuran Sambas, memperlihatkan pemandangan alam dengan hamparan pohon menghijau. (Insidepontianak.com/Nia)

SAMBAS,insidepontianak.com - Berada di titik perbatasan Malaysia Indonesia, Sajingan Besar, kabupaten Sambas  selalu dijadikan referensi tempat untuk berlibur.

Di wilayah ini, Anda tak hanya dapat melihat beranda batas negara Malaysia dan Indonesia. Tetapi, juga bisa menikmati wisata alam yang menyejukkan hati.

Salah satunya tempat wisata yang sangat menawan di daerah ini adalah Wisata Batu Kuran. Batu kuran adalah wisata alam berupa batu besar yang berada di tengah hutan.

Tepatnya berada di wilayah Dusun Tanjung, Kecamatan Sajingan Besar. Dari atas bukit ini, tersaji pemandangan yang hijau dengan hamparan pepohonan. Jika ingin melihat indahnya matahari terbenam, lokasi ini adalah tempat yang tepat.

Dari atas Batu Kuran, kamu juga bisa melihat perubahan warna langit yang biru menjadi orange, dengan suasana yang tenang serta hembusan angin yang menyejukkan kulit.

Tak heran jika warga lokal maupun pendatang menjadikan Batu Kuran sebagai tempat melepas penat. Perjalanan menunju Batu Kuran cukup mudah, bisa menggunakan kendaraan roda dua.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi melewati hamparan hutan hijau yang luas dengan diiringi suara jangkrik dan kicauan burung-burung di sana.

Dari Kota Sambas, perjalanan bisa ditempuh sekitar 2-3 jam perjalanan, jika dari Aruk Perbatasan hanya sekitar 30-40 menit saja.

Akses masuknya gratis, dan jika ingin mandi bisa langsung turun menuju air terjun kecil bernama Pancarek. Lokasi air terjun ini tak jauh dari lokasi Batu Kuran.

Menarik bukan! Nak, bagi kalian yang sedang bepergian ke Sajingan Sambas, wajib mencoba destinasi wisata alam Bukit Batu Kuran. Dijamin bisa bikin healing.(nia)***

Leave a comment