Ini Sunnahnya Waktu Paling Baik Penyembelihan Hewan Kurban

16 Juni 2024 16:34 WIB
Lapak kambing kurban Haji Syamsul, di Jalan Danau Sentarum, Pontianak sediakan 110 hewan. (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Hari raya Idul Adha 1445 Hijriah tahu 2024, jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Hari raya Idul Adha identik dengan ibadah kurban dengan menyembelih hewan ternak, seperti sapi, atau kambing sesuai ajaran syariat islam.

Berkurban adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam. Kata qurban berasal dari bahasa Arab qariba – yaqrabu – qurban wa qurbanan wa qirbanan, yang artinya dekat.

Dalam kata lain, qurban artinya mendekatkan diri kepada Allah melalui ritual penyembelihan hewan ternak.

Penyembelihan hewan kurban pun telah diatur secara syariat. Ada doa-doa khusus yang dipanjatkan. Bahkan, waktu penyembelihannya juga diatur.

Mengutip laman NU Online, ulama bersepakat waktu paling utama saat penyembelihan hewan kurban adalah di tanggal 10 Dzulhijjah sebelum tergelincirnya matahari.

Dasar kesepakatan ini yaitu sesuai hadis Rasulullah riwayat Al-Bara’ bin ‘Azib yang menyatakan sebagai berikut:

"Sungguh yang pertama kali kami lakukan pada hari ini ialah shalat, kemudian kami pulang dan setelah itu menyembelih hewan kurban.”

“Siapa yang melakukan hal demikian (menyembelih setelah shalat), maka dia telah memperolah sunah kami.”

“Tetapi siapa yang menyembelih sebelum itu, maka penyembelihannya itu sebatas menyembelih untuk keluarganya sendiri dan tidak dianggap ibadah kurban.”

Secara umum, masa penyembelihan hewan kurban dimulai dari tanggal 10 Dzulhijjah sampai pada hari Tasyrik, yaitu 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.***


Penulis : NU Online
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment