Danau Sebedang, Wisata Hidden Gem Sambas yang Tak Kalah Indah dengan Danau Toba

20 Juni 2024 13:20 WIB
Pengunjung menikmati waktu sore hari di Danau Sebedang. (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Berkunjung ke Kabupaten Sambas tak sah rasanya jika tidak menikmati objek wisata yang ada di sana, terutama Danau Sebedang.

Danau Sebedang merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Kabupaten Sambas, dan selalu ramai walaupun hari biasa.

Tempat yang satu ini kerap dikunjungi oleh warga lokal, untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman maupun orang spesial.

Dengan panorama yang luar biasa indah, membuat siapapun akan betah jika sudah berkunjung ke sini.

Danau Sebedang memiliki luas 63,4 hektar atau seluas 1 Km persegi yang dikelilingi oleh perbukitan dan hutan. Tentunya panorama alam yang indah dan keasrian yang masih terjaga.

Hal yang menarik dan unik di Danau Sebedang adalah mempunyai pulau di tengah-tengah danau. Pulau itu disebut Pulau Panjang. Mirip dengan Danau Toba di Sumatera Utara, hanya berbeda ukaran saja.

Tempat ini juga sangat aestetik, instagramable dan juga banyak kafe yang cocok buat berswafoto. Di Danau Sebedang, Anda juga bisa menikmati bermain kano dan bebek engkol loh.

Tak perlu takut kelaparan di sini. Karena di Danau Sebedang juga mempunyai wisata kuliner yang menyediakan berbagai hidangan, mulai kuliner dari khas Sambas hingga kuliner seafood.

Danau Sebedang terletak di Desa Sempalai Sebedang, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas. Jarak Danau Sebedang 20 km atau memakan waktu 30 menit jika diakses melalui kendaraan dari Kota Sambas. Tentunya akses masuknya gratis.

Ibaratnya Sumatera Utara punya Danau Toba, Kabupaten Sambas punya Danau Sebedang, Jadi jika sedang berkunjung ke Sambas, jangan lewatkan tempat wisata yang satu ini ya.***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment