Stasiun Semarang Masih Banjir, KAI Alihkan 5 Perjalanan KA ke Jalur Selatan

1 Januari 2023 20:10 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengalihkan pelayanan penumpang di Stasiun Semarang Tawang sampai dengan saat ini dialihkan ke Stasiun Semarang Poncol akibat genangan banjir.

Tak hanya menggenangi Stasiun Semarang Tawang, air juga merendam jalur KA di antara Stasiun Semarang Tawang-Alastua di km 2+2 s.d 4+6 jalur hilir ketinggian air mencapai 28 cm, sedangkan di km 2+4 s.d 4+4 jalur hulu ketinggian air yaitu 26 cm.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan KAI menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta api yang diakibatkan oleh bencana alam ini.

Menurut dia, KAI bersama seluruh stakeholder terus berupaya sebaik mungkin untuk dapat segera menormalkan jalur KA dan operasional kereta api.

Baca Juga: Selama 2022, Polri Berhasil Ungkap Kasus Narkoba Senilai Rp11,02 Triliun

"Kami berkomitmen mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan kereta. KAI berupaya mengurangi kelambatan sehingga perjalanan kereta api dapat kembali normal," terang Joni dalam keterangannya, Minggu (1/1/2023).

"Perjalanan KA dengan tujuan akhir Stasiun Surabaya Pasar Turi akan tetap kami upayakan lewat jalur utara. Selain tujuan akhir Stasiun Surabaya Pasar Turi akan dialihkan via jalur selatan melalui Stasiun Solo Balapan dan Cirebon," sambungnya.

Berikut adalah daftar KA yang direncanakan akan memutar melalui jalur selatan:

1. KA Matarmaja 281/282 Malang - Pasar Senen pp
2. KA Brantas tambahan 7033a/7034a Blitar - Pasar Senen pp
3. KA Brantas reguler 109a/110a Blitar - Pasar Senen pp
4. KA Majapahit 251/252a Malang - Pasar Senen pp
5. KA Brawijaya 73a/74a Malang - Gambir pp

Saat ini, KAI tengah melakukan berbagai upaya untuk normalisasi jalur sehingga dapat dilalui kembali. KAI menerjunkan petugas jalan rel dan jembatan untuk memperbaiki jalur yang terendam dan mengoperasikan pompa untuk mengurangi debit air.

"Kami atas nama manajemen KAI mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanannya terganggu akibat banjir yang terjadi," pungkasnya.

Baca Juga: Hadapi Cuaca Ekstrem Jelang Tahun Baru, Polri Siagakan Satgas Kontijensi

Tags :

Leave a comment