OPPO Watch Free vs Samsung Galaxy Watch4: Smartwatch Terbaik di bulan Desember 2022

12 Desember 2022 18:38 WIB
Ilustrasi

Insidepontianak.com – Perkembangan teknologi tidak hanya saja meluncurkan produk ponsel pintar atau laptop, kini banyak brand berlomba memperkenalkan smartwatch andalan. Salah satunya OPPO Watch Free dan Samsung Galaxy Watch4.

Pada Desember 2022, konsumen teknologi pasti akan membutuhkan smartwatch yang memiliki fitur lengkap. Jawaban tersebut bisa ditemui lewat OPPO Watch Free dan Samsung Galaxy Watch4, kedua jam tangan tersebut pastinya mengandung spesifikasi keren.

Tidak hanya masalah smartwatch berspesifikasi lengkap saja yang dicari oleh calon pembeli, bentuk dan penampilan juga tidak luput dari perhatian. Kebetulan, baik Samsung Galaxy Watch4 dan OPPO Watch Free memiliki bentuk desain ciamik bagi si pemakai.

Baca Juga: FIFA Resmi Pakai Bola Baru Al Hilm, Gantikan Peran Al Rihla di Semi Final dan Final Piala Dunia 2022 Qatar

Terkait harga bagaimana? Tenang saja, smartwatch OPPO Watch Free dan Samsung Galaxy Watch dijual dengan harga ekonomis. Tarif yang bersahabat itu berada di bawah 3 jutaan saja, bahkan salah satunya cuman dikisaran 1 jutaan saja.

Terkait fitur, spesifikasi, atau harga lengkapnya akan dibahas dibawah. Tanpa basa-basi lagi, yuk langsung serbu paparan detail smartwatch OPPO Watch Free dan Samsung Galaxy Watch4.

OPPO Watch Free

Rilis di Indonesia bersamaan OPPO Reno 7 5G dan OPPO Reno 7 5G Z, jam tangan pintar OPPO Watch Free hadir dengan dua variasi warna Black dan Vanila.

Bobok yang dihasilkan juga tergolong ringan, arloji ini hanya memiliki berat 20,9 gram. Entengnya smartwatch ini sangat enak digunakan di pergelangan tangan tanpa rasa pegal. Dimensi kecil juga membentuknya sedap dipandang, pasalnya cuman berukuran 46 mm × 29,7 mm.

Bagian muka yang dilapisi dengan kaca antigores 2,5D melindungi permukaan dari benturan kecil. Bentuk dari sisi depan ini terlihat elegan, screen tersebut melengkung di bagian sudut frame.

Masih berbicara bagian depan, dengan lapisan layar berpanel AMOLED visual kecerahan yang diperoleh mencapai 326 PPI. Screen yang ditawarkan pun tidak terlalu lebar, sebab muka utama OPPO Watch Free hanya seluas 1,64 inci.

Beralih ke pembahasan tenaga yang dihasilkan, smartwatch ini ditanamkan baterai berdaya 230 mAh. Perusahaan mereka mengklaim dengan kapasitas baterai tersebut, arloji ini mampu bertahan 14 hari bila dicharge ful.

Kelebihan lain terkait baterainya adalah arloji pintar tersebut bisa hidup seharian dengan 5 menit charge saja.

Terkait bagian dapur, OPPO Watch Free telah dipasangkan software dengan 40 macam tema berbeda. Keunggulan perangkat lunak pada arloji pintar ini berada pada AI (Artificial Intelegence). Pengguna bisa memilih tema melalui AI tersebut.

Hal lain yang bikin unik masih terdapat pada tema. Bila pengguna masih bingung untuk mengaturnya warnanya, smartwatch yang dibahas akan memilih sendiri tema yang matching dengan outfit pemakai.

Fitur yang tersedia di dalam jam tangan berteknologi canggih ini berupa 100 jenis pilihan olahraga. Dari aktivitas lari, bersepeda, dayung, hingga mesin eliptikal sudah dikamas pada arloji pintar tersebut.

Ada pula spesifikasi untuk monitoring pernapasanpernapasan saat tidur. Hal ini terdapat pada fitur Expert Sleep, cara menggunakannya terbilang mudah, pengguna hanya perlu menghubungkannya dengan ponsel OPPO.

Melalui itu, pemakai akan bisa melihat hasil kadar oksigen darah dan detak jantung. Begitupula untuk mentrack apakah ketika tidur sedang mendengkur atau tidak.

OPPO Watch Free juga bisa menampilkan notifikasi dari beragam aplikasi seperti alarm, panggilan, cuaca, pesan singkat, dll dari ponsel konsumen.

Melansir dari situs resminya, OPPO Watch Free cuman dipatok dengan harga Rp 1.399.000 saja pada Desember 2022.

Samsung Galaxy Watch4

Samsung Galaxy Watch4 hadir di pasar Indonesia bersamaan dengan ponsel Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3, membuat arloji pintar pabrikan Korea Selatan merilis dengan dua variasi beda 40 mm dan 44 mm.

Kali ini, tim Insidepontianak hanya akan membahas varian Samsung Galaxy Watch4 40 mm saja, karena keduanya memiliki fitur yang sama.

Dengan memilili fitur kesamaan seperti pendahulunya, bila arloji pintar ini diusap dari pinngiran layar akan memunculkan navigasi.

Bedanya, kali ini mereka tidak menggunakan Tizen yang terdapat pada smartwatch pendahulu. Mereka lebih menggunakan sistem Wear OS yang mampu menghasilkan kecepatan lebih baik, animasi bertambah halus, dan membuat baterai lebih awet.

Tidak hanya ponsel milik mereka yang dipasangkan tenaga garang, Samsung Galaxy Watch4 juga ditanamkan chipset Exynos W920. Akibatnya kesangaran dalam pemrosesan aplikasi tak perlu diperdebatkan.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar: Maroko Tekuk Portugal 1:0, Cristiano Ronaldo yang Memilih Duduk di Bangku Cadangan?

Dengan kehadiran Wear OS pada arloji pintar mereka, ditambah dengan dapur pacu One UI 3 Watch, memungkinkan adanya firur Google Maps, Goggle Pay, dan YouTube Music. Terkait power hidupnya, baterai yang ditanamkan mampu bertahan selama 40 jam.

Fitur lain yang ditonjolkan berupa menjawab panggilan dengan mengarahkan tangan ke kepala, kemudian untuk menolaknya cukup menggerakkan pergelangan tangan sedikit.

Melansir dari laman Samsung.com, smartwatch mereka dipatok dengan harga Rp. 2.499.000 saja di bulan Desember 2022. Terdapat dua varian warna Black dan Pink Gold yang akan membuat penampilan pengguna tampak modis.

Itulah dua smartwatch terbaik di bulan Desember 2022 yang berhasil dirangkum. Kamu akan memboyog yang mana? ***

Tags :

Leave a comment