Upaya Kesiapan Hadapi Proses Pemilu 2024, Polres Bengkayang Mulai Simulasi Pengamanan Massa

27 November 2022 20:17 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kepolisian Resor (Polres) Bengkayang Kalimantan Barat mulai melakukan simulasi pengendalian massa yang berunjuk rasa dan hal itu sebagai upaya kesiapan menghadapi proses Pemilu 2024.

“Sengaja saya mulai aktifkan kembali untuk latihan pengendalian massa sebagai salah satu wujud kesiapan Polres Bengkayang dalam rangka menghadapi tahun pemilu yaitu 2023 dan 2024," ujar Kapolres Bengkayang AKBP Bayu Suseno saat dihubungi di Bengkayang, Minggu (27/11/2022).

Ia menjelaskan bahwa saat simulasi dilaksanakan tersebut Polres Bengkayang melibatkan personel Satuan Samapta, Satuan Reskrim, Satuan Intelkam, Satuan Binmas dan personel lainnya. Dalam prakteknya, masing-masing satuan tugas melaksanakan skenario yang sudah disiapkan.

“Untuk teknis latihan Kasat Samapta diajarkan lagi tentang teori singkatnya gerakan-gerakan dasar, aturan-aturan yang terbaru barangkali ada aturan yang berubah silahkan pak Kasat Samapta memperbaharui dulu," jelas dia.

Baca Juga: Bupati Darwis Minta OPD Bekerja Keras Tangani Stunting di Bengkayang

Selain itu Kapolres juga menyampaikan, bahwa formasi yang paling depan adalah negosiator rekan-rekan dari Polwan dari Polki bisa juga sebagai negosiator, tanpa menggunakan alat bantu pengendalian masyarakat. Selanjutnya Kapolres Bengkayang menyampaikan terima kasih kepada personel Polres bengkayang atas kegiatan simulasi pengendalian massa yang telah dilaksanakan.

“Kembali, kegiatan ini sama-sama belajar dan mengingatkan kembali tentang simulasi," ucapnya.

Kegiatan simulasi pengendalian massa dilakukan di Halaman Polres Bengkayang. Sebanyak 117 personel dan menggunakan peralatan pengendalian massa Satuan Samapta meliputi kendaraan taktis, trail dan K-9 dilibatkan.

Baca Juga: Festival Lala Kuli Bengkayang 2022 Bakal di Gelar, Pamerkan Produk Unggulan UMKM, Catat Tanggalnya!

Tags :

Leave a comment