Puruk Sandukui dan Ragam Spot Panjat Tebing di Indonesia: Uji Adrenalin Sambil Nikmati Alam

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, insidepontianak.com - Puruk Sandukui memang belum begitu komersial, tapi destinasi di Kabupaten Gunung Mas memiliki potensi besar. Khusunya untuk olahraga penguji adrenalin panjat tebing dan wisata alam.

Ya, para penguji adrenalin melalui panjat tebing tentunya akan tertantang dengan Puruk Sandukui yang bertipe batu andesit dan memiliki tinggi 400 meter.

Belum lagi, para penggemar panjat tebing akan tergoda karena Puruk Sandukui baru bisa didaki hingga puncaknya pada 2017 lalu. Artinya, masih sangat menantang adrenalin.

Melansir gunungmaskab.go.id dan pariwisata.kalteng.go.id, Rabu (20/9/2023), jalur menuju puncak Puruk Sandukui baru benar-benar dibuka Mapala UI (Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia), pada 2017.

Sebelumnya, mahasiswa Mapala Comodo Universitas Palangkaraya pernah mencoba, tapi hanya mencapai ketinggian 100 meter saja. Artinya, tidak sampai puncak.

Puruk Sandukui merupakan tebing yang amat unik dan mencolok. Tebing bertipe batu andesit ini berbentuk ramping menjulang.

Tinggi Puruk Sandukui mencapai sekitar 400 meter dan yang membuatnya berbeda dari tebing lainnya di Indonesia adalah bentuknya yang menyerupai jari telunjuk di tengah hutan yang lebat.

Puruk Sandukui terletak di Desa Tumbang Hatung, Kecamatan Miri Manasa, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Untuk menuju ke tebing ini, pecinta adrenalin akan melalui medan yang sama sekali nggak mudah.

Sampai saat ini Puruk Sandukui pun masih belum dibuka untuk pendakian komersial. Pendakian tebingnya tidak kalah sulit. Di samping ketinggiannya yang menantang, tidak semua batu andesit yang membentuk tebing ini keras dan ajeg.

Yang jelas, Puruk Sandukui menambah kekayaan destinasi panjat tebing yang sebelumnya telah populer di Indonesia. Berikut destinasi lain yang bisa jadi pilihan seperti dilansir finansialku.com dan pegipegi.com, Rabu (20/9/2023):

  1. Bukit Kelam

Tebing Bukit Kelam ini berlokasi di kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Ketinggian tebingnya mencapai 1.000 meter lebih.

Tentunya hal ini memberikan tantangan tersendiri bagi Anda yang ingin memanjat tebing yang cukup tinggi ini. Diperlukan stamina yang baik serta keterampilan yang baik pula.

Di samping itu, jenis batuan andesit pada tebing ini tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi para pemanjat.

  1. Tebing Sepikul

Tebing Sepikul sangat cocok bagi para pemanjat yang memiliki adrenalin tinggi. Tebing yang berada di Trenggalek, Jawa Timur ini memiliki ketinggian di atas 500 meter.

Di samping itu, jenis batuan andesit yang ada pada tebing ini tentu akan memberikan tantangan serta kesulitan tersendiri bagi para pemanjat. Banyak komunitas pencinta alam yang menggunakan tebing ini untuk kegiatan atau even panjat tebing.

  1. Lembah Harau

Tebing Lembah Harau ini memiliki pemandangan yang indah. Dengan ketinggian tebing mencapai 300 meter, banyak tantangan yang tentunya merintangi Anda dalam memanjat tebing ini.

Tebing ini berlokasi di kabupaten Limapuluh, Sumatra Barat, dan memiliki 300 lokasi panjat tebing. Di sisi lain, pagar tebing cadas yang curam telah menciptakan relief cantik sekaligus menantang.

  1. Carstensz Pyramid

Tebing Carstensz Pyramid ini berada di puncak gunung tertinggi di Indonesia, yakni Gunung Jayawijaya. Posisi Pegunungan Jayawijaya sendiri terbentang di dua provinsi yakni Papua Pegunungan dan Papua Tengah.

Tentu tak semua orang bisa memanjat tebing ini. Namun tantangan yang disajikan sungguh menguji adrenalin Anda. Di samping teknik dalam memanjat dan perlengkapan yang memadai, dibutuhkan pula stamina yang baik dalam memanjat tebing ini.

  1. Pantai Siung

Tebing Pantai Siung di Gunung Kidul Yogyakarta juga mempunyai tebing-tebing panjatan menjulang yang menantang di sekelilingnya. Ditemani deburan ombak dan semilir angin pantai, climbing bisa jadi sensasi baru yang menyenangkan.

Tebing Pantai Siung mempunyai 250 jalur panjat tebing dengan standar internasional. Destinasi panjat tebing ini disebut-sebut sebagai ‘The Best Rock Climbing Site in Yogyakarta’. Popularitas Tebing Pantai Siung nggak sebatas lokal, tapi juga sudah level mancanegara.

  1. Citatah

Spot panjat tebing terbaik berikutnya adalah Tebing Citatah. Lokasinya nggak terlalu jauh dari Tol Padalarang. Citatah sendiri merupakan kawasan pertambangan kapur yang sangat produktif dan bahkan dimulai sejak pertengahan abad ke-19.

Ada tiga tebing di sini, yakni Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90, dan Tebing Citatah 125. Ketinggian masing-masing tebing pun sesuai dengan namanya. Adapun tebing yang paling disarankan adalah tebing tertinggi.

Demikian soal Puruk Sandukui di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Sebuah destinasi wisata sekaligus arena uji nyali karena cocok untuk olahraga penguji andrenalin panjat tebing. Semoga bermanfaat. (Adelina). ***

Leave a comment