Tradisi Unik Natal di Dunia, dari Sembunyikan Sapu hingga Makan KFC

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

MEDAN, Insidepontianak.com - Namanya tradisi biasanya muncul dan tercipta sesuai dengan lokasi maupun karakter orangnya. Nah, di dunia ini ternyata banyak tradisi unik menyambut Natal.

Tradisi ini tentunya bukan seperti menghias pohon Natal, itu sudah lazim. Ada beberapa negara di dunia yang memiliki tradisi unik dan bisa dikatakan mencengangkan.

Tapi itulah kelebihan warga dunia, pasalnya tradisi unik tersebut memberi warna lain pada Natal tanpa harus menghilangkan makna sesungguhnya.

Nah, melansir ef.co.id, Kamis (21/12/2023), berikut beberapa tradisi unik dari berbagai warga negara dunia saat merayakan Natal:

  1. Sembunyikan Sapu, Norwegia

Warga Norwegia percaya bahwa sebelum tidur pada malam Natal, mereka harus sembunyikan sapu. Hal ini dilakukan untuk menakut-nakuti roh jahat agar tidak bisa masuk ke rumah mereka.

Sehingga, nenek sihir tidak bisa menggunakan sapu dan berkeliaran di perkampungan. Selain itu, para pria juga menembakkan senapan sepanjang malam. Yup, tentu saja tradisi ini lahir dari cerita rakyat Norwegia.

  1. Tukar Kado, Amerika

Bbiasanya umat kristiani Amerika merayakan Natal dengan mengadakan sebuah pesta makan malam bersama keluarga atau teman dekat dengan kalkun sebagai makanan utama. Selain itu, ada tradisi tukar kado dan saling memberi ucapan Natal juga membuat perayaan semakin asyik dan intim.

  1. Menghias Rumah dengan Lentera dan Kertas, China

Biasanya masyarakat China menghiasi rumah dengan berbagai kertas dan lentera. Selain itu, biasanya masyarakat China juga memasang foto keluarga atau foto nenek moyangnya di ruangan utama.

Saat merayakan Natal, anak-anak pun akan mendapatkan baju baru, makanan, mainan baru, dan kembang api.

  1. Festival Lentera Raksasa, Filipina

Festival ini berawal pada tahun 1904 yang diikuti oleh berbagai desa untuk berlomba menunjukkan kecantikan dan kerumitan lentera yang mereka buat. Diadakan setiap hari Sabtu sebelum malam Natal dengan diameter yang besar dan dihiasi berbagai lampu cantik.

  1. Menyalakan Lilin, Irlandia

Masyarakat Irlandia akan menyalakan lilin pada malam perayaan Natal. Lilin harus ditaruh di jendela besar dan tidak boleh padam sepanjang malam.

Hal ini berfungsi sebagai penerang bagi orang-orang yang sedang mencari tempat teduh. Selain itu, lilin juga merupakan simbol perlindungan dan kehangatan.

  1. Menyantap KFC, Jepang

Hal ini berawal pada 1970-an, di mana iklan KFC yang beredar di TV saat itu mengiklankan orang Amerika yang menyantap KFC saat perayaan Natal.

Tradisi tersebut ternyata masih berjalan hingga saat ini. Bahkan masih banyak warga Jepang yang rela mengantre hanya untuk membeli KFC saat Natal.

Demikian sekian tradisi unik saat Natal yang dilakukan oleh masyarakat dari beberapa negara yang ada di Dunia. Semoga bermanfaat. (Adelina)

Leave a comment