Resep Mie Tiaw Kota Pontianak: Kuliner Khas Tradisional Lokal yang Kenyal dan Nikmat

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Mau bikin mie tiaw Pontianak yang jadi salah satu icon kuliner khas? Nah, mimin akan bagikan berikut resep mie tiaw Pontianak yang mudah dan simple.

Mie tiaw Pontianak atau Kwetiau dikenal di negara lainnya dengan nama char kway teow. Awalnya kwetiau adalah panganan yang dijual oleh para pelayan dan petani yang bekerja sebagai penjaja makanan malam hari pada masa lalu.

Banyak pembeli kwetiau yang merupakan buruh yang menyenangi panganan ini karena rasa yang lezat dan harga yang ekonomis. Tahukah kalian bahwa Kwetiau identik dengan kuliner dari etnis Hokkian dan Tio ciu.

Nah, kwetiau khas Hokkian asalnya panganan yang bisa diolah bersama dengan bakso ikan, lapchong (sosis). Karena sudah berbaur, maka bisa diganti dengan daging sapi halal, juga ada telur bebek.

Tak lengkap rasanya jika tak mencicipi berbagai kuliner khas lokal di Kota Pontianak, Kalimantan barat. Mie tiaw Pontianak hingga chai kue bisa jadi pilihan.

Mie tiaw Pontianak bisa jadi pilihan diantara banyak kuliner khas tradisional lokal yang terkenal di kota Khatulistiwa. Hampir semua sudut jalan menjual makanan satu ini.

Kota Pontianak kaya akan kuliner peranakan yang dibawa masyarakat Tionghoa hingga menjadi hits dan banyak jadi menu utama di berbagai suasana. Salah satunya adalah mie tiaw Pontianak.

Kuliner Mie tiaw Pontianak ini jadi makanan favorit keluarga karena selain mengenyangkan juga lezat dengan tamburan daging dan topping lain sesuai selera.

Mie tiaw Pontianak terbuat dari mie putih berbentuk pipih panjang. Bentuknya sama dengan mie pasta Italia Fettuccine. Bedanya Fettuccine terbuat dari gandum sementara mie putih lokal dari tepung beras.

Sedangkan kwetiau Tio Ciu dibuat dengan menambahkan daging sapi dan jeroannya.

Bahan-bahan

500 gr mie tiaw basah
100 daging sapi rebus, iris tipis
7 buah bakso sapi
3 butir telur kocok lepas
1 ikat pakcoy/sawi hijau/sawi manis
200 gr tauge
Minyak untuk menumis

Bumbu halus:

3 sdm bumbu nasi goreng ala abang-abang
Bumbu Nasi Goreng Ala Abang-Abang (Tidak Pedas)

Saus:

3 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1 sdm saus tiram
3 sdm saus sambal

Pelengkap:

2 batang daun bawang, iris halus
2 sdm bawang goreng
sesuai selera Cabe rawit potong-potong kecil
secukupnya Telur rebus
Jeruk sambal
Saus cabe
Sambal Gorengan (Saus Cabe)

Cara Membuat

Langkah 1

Siapkan semua bahan

Langkah 2

Kocok lepas telur. Orak arik hingga kering, sisihkan ke pinggir wajan

Langkah 3

Tumis bumbu halus hingga harum, masukan irisan daging dan bakso. Satukan dengan telur orak arik aduk rata. Beri sedikit air kaldu rebusan daging, sedikit aja ± 50 ml. Aduk rata.

Langkah 4

Masukan mie tiaw aduk rata, tambahkan bahan saus. Gunakan api besar. Aduk terus. Beri garam dan kaldu bubuk. Koreksi rasanya. Masukan tauge dan sawi hijau, aduk cepat. Angkat.

Langkah 5

Sajikan, Beri irisan telur rebus, taburan daun bawang, irisan cabe rawit dan bawang goreng…. Serta pelengkap rasa, saus cabe dan jeruk sambal.

Demikian informasi kue tiaw Pontianak yang banyak diburu. Mimin juga lampirkan resep berikut cara membuatnya agar kenyal dan lezat. Semoga bermanfaat. (REDAKSI)

Leave a comment