Lima Tempat Makan Mie Tiaw Pontianak: Dari Mie Tiaw Apollo hingga Mie Tiaw Melayu

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Mie tiaw Pontianak atau Kwetiau dikenal di negara lainnya dengan nama char kway teow. Awalnya kwetiau adalah panganan yang dijual oleh para pelayan dan petani yang bekerja sebagai penjaja makanan malam hari pada masa lalu.

Nah, kwetiau khas Hokkian asalnya panganan yang bisa diolah bersama dengan bakso ikan, lapchong (sosis). Karena sudah berbaur, maka bisa diganti dengan daging sapi halal, juga ada telur bebek.

Tak lengkap rasanya jika tak mencicipi berbagai kuliner khas lokal di Kota Pontianak, Kalimantan barat. Mie tiaw Pontianak hingga chai kue bisa jadi pilihan.

Mie tiaw Pontianak bisa jadi pilihan diantara banyak kuliner khas tradisional lokal yang terkenal di kota Khatulistiwa. Hampir semua sudut jalan menjual makanan satu ini.

Kota Pontianak kaya akan kuliner peranakan yang dibawa masyarakat Tionghoa hingga menjadi hits dan banyak jadi menu utama di berbagai suasana. Salah satunya adalah mie tiaw Pontianak.

Kuliner Mie tiaw Pontianak ini jadi makanan favorit keluarga karena selain mengenyangkan juga lezat dengan tamburan daging dan topping lain sesuai selera.

Mie tiaw Pontianak terbuat dari mie putih berbentuk pipih panjang. Bentuknya sama dengan mie pasta Italia Fettuccine. Bedanya Fettuccine terbuat dari gandum sementara mie putih lokal dari tepung beras.

Berikut lima tempat makan mie tiaw Pontianak yang paling populer:

  1. Mie Tiaw Apollo

Mie Tiaw Apollo salah satu tempat legend karena sudah berjualan sejak 1968 dan tidak diragukan kelezatannya. Dengan tipping daging sapi, kamu akan merasakan gurih dan nikmatnya mie tiaw Apollo ini.

Mie Tiaw Apollo.Google Map
Mie Tiaw Apollo.Google Map

Mie Tiaw Apollo terletak di Jalan Patimura No.63, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78117. Mulai jam buka pukul 13.30 WIB hingga malam hari ini.

Selain mie tiaw, ade juga menu lainnya, seperti nasi goreng. Satu porsi mie tiaw dengan taburan daging sapi sekitar Rp 28.000.

  1. Mie Tiaw Polo

Nah, mie tiaw Pola ini tak jauh dari saingannya mie tiaw Apollo yaitu di Jalan Pattimura No 64. Nah, di sini sama menjual mie tiaw dengan versi daging sapi yang tak kalah enak dengan warung mie tiaw sebelahnya.

Mie Tiaw POLO/sitimustiani.com
Mie Tiaw POLO/sitimustiani.com

Jika ditanya soal rasa, hampir sama tapi sesuai selera kalian mau pilih tempat yang mana. Satu porsi mie tiaw seharga Rp 30.000. Campuran tak hanya daging tapi juga usus dan sayuran segar seperti sawi dan tauge.

  1. Mie Tiaw atau Kwetiau Arang Ahim

Mie Tiaw atau Kwetiau Arang Ahim cukup terkenal di Kota Pontianak karan bua arang yang melengkap di aroma suguhan mie tiaw mereka. Ini menembah rasa dan unik dari mie tiaw yang terletak di Jalan Hijas No.101, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78122.

Mie Tiaw Ahim/GoogleMap
Mie Tiaw Ahim/GoogleMap

Cukup ramai di waktu makan siang, mengingat Mie Tiaw atau Kwetiau Arang Ahim buku mulai pukul 12.30 hingga malam hari. So, bagi warga disekitar pastinya tidak asing lagi. Ini bisa jadi salah satu rekomendasi untuk kamu datang ke Mie Tiaw atau Kwetiau Arang Ahim ini.

  1. Mie Tiaw Melayu

Mie Tiaw Melayu punya ciri unik. Meski mie tiaw aslinya adfalah kuline rkhas masyarakat Tionghoa tapi orang Melayu lokal pun menambah bubu khas mereka dalam makanan mie tersebut. Hasilnya, Mie Tiaw Melayu tampil berbeda.

Bagi orang awam rasanya mungkin sama tapi bagi pecinta kuliner, akana menemukan perberbedaannya.

Mie Tiaw Melayu/GoogleMap
Mie Tiaw Melayu/GoogleMap

Mau coba? sebaiknya kamu datang ke lokasi jualan Mie Tiaw Melayu yang terletak di Komp. PSP, Jl. Patimura, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243.

Mie Tiaw Melayu mulai buka pagi, tepatnya pukul 09.00 hingga hampir tengah malam, yaitu pukul 23.00 WIB lho. Ada banyak menu lain di Mie Tiaw Melayu, mulai dari bakso hingga nasi goreng.

  1. Kwetiau Mualaf Ahuang

Nah, Kwetiau Mualaf Ahuang salah satu yang juga jadi tempat tujuan para pecinta mie tiaw Pontianak lho. Letaknya di Jalan Siam Jalan Gajahmada Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78243.

Tak kalah dengan mie tiaw legend lainnya, Kwetiau Mualaf Ahuang juga punya citarasa unik dengan berbagai topping menarik dan pastinya menggugah selera para pemburu mie tiaw.

Demikian informasi tempat makan mie tiaw Pontianak yang paling populer. So, jangan lupa bisa mausk list daftar bagi kalian yang ingin ke Kota Pontianak yaaa. (REDAKSI)

Leave a comment