Mie Tiaw Apollo, Si Raja Kwetiaw yang Legend di Kota Pontianak

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Salah satu tempat mie tiaw Pontianak atau Kwetiau yang paling legend adalah mie tiaw Apollo.

Mie tiaw Apollo dikenal tak hanya di Kota Pontianak saja tapi juga sampai di ibu kota. Mie Tiaw Apollo salah satu tempat legend karena sudah berjualan sejak 1968 dan tidak diragukan kelezatannya.

Menyajikan menu utama mie tiaw, Mie tiaw Apollo selalu menjadi pilihan utama bagi para pecinta kuliner yang sangat sensitif soal rasa. Dengan tipping daging sapi, kamu akan merasakan gurih dan nikmatnya mie tiaw Apollo ini.

Mie Tiaw Apollo terletak di Jalan Patimura No.63, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78117. Mulai jam buka pukul 13.30 WIB hingga malam hari ini.

Selain mie tiaw, ade juga menu lainnya, seperti nasi goreng. Satu porsi mie tiaw dengan taburan daging sapi sekitar Rp 28.000. Meski banyak saingan hingga hampir dengan nama serupa, bahkan tempat di lokasi yang hampir berdekatan tak membuat pamor Mie tiaw Apollo surut.

Mie tiaw atau kwetiau adalah panganan yang dijual oleh para pelayan dan petani yang bekerja sebagai penjaja makanan malam hari pada masa lalu.

Nah, kwetiau khas Hokkian asalnya panganan yang bisa diolah bersama dengan bakso ikan, lapchong (sosis). Karena sudah berbaur, maka bisa diganti dengan daging sapi halal, juga ada telur bebek.

Tak lengkap rasanya jika tak mencicipi berbagai kuliner khas lokal di Kota Pontianak, Kalimantan barat. Mie tiaw Pontianak hingga chai kue bisa jadi pilihan.

Mie tiaw Pontianak bisa jadi pilihan diantara banyak kuliner khas tradisional lokal yang terkenal di kota Khatulistiwa. Hampir semua sudut jalan menjual makanan satu ini.

Kota Pontianak kaya akan kuliner peranakan yang dibawa masyarakat Tionghoa hingga menjadi hits dan banyak jadi menu utama di berbagai suasana. Salah satunya adalah mie tiaw Pontianak.

Kuliner Mie tiaw Pontianak ini jadi makanan favorit keluarga karena selain mengenyangkan juga lezat dengan tamburan daging dan topping lain sesuai selera.

Mie tiaw Pontianak terbuat dari mie putih berbentuk pipih panjang. Bentuknya sama dengan mie pasta Italia Fettuccine. Bedanya Fettuccine terbuat dari gandum sementara mie putih lokal dari tepung beras. (REDAKSI)

Leave a comment