Resep Choipan Isi Bengkoang Khas Pontianak: Si Putih yang Lembut Abis

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kuliner khas Tionghoa yang populer di Kota Pontianak dan wajib kamu coba. Choipan atau lebih di kenal di Kota Pontianak sebagai Chai kue juga terkenal di Bangka Belitung.

Nah, choipan atau chai kue punya berbagai rasa. Dari bengkoang, kucai hingga keladi. Dari tiga rasa itu, choipan atau chai kue rasa bengkoang yang paling banyak dicari.

Kulit lembut dari campuran tepung beras dan tapioka. Dengan isian sayur renyah seperti bengkuang atau kucai, ditemani sambal cair pedas, manis, dan asam.

Beriku resep choipan atau chai kue Pontianak bengkoang yang wajib kamu coba:

Bahan

8 porsi
10 siung bawang putih, cincang halus
120 ml minyak goreng
25 g tepung tapioka, untuk lapisan
Isi:
650 g bengkuang, parut kasar
20 g ebi, sangrai, cincang halus
1 sdm gula pasir
1½ sdt garam

Kulit:

350 ml air
115 g tepung beras
1 sdm tapioka
¼ sdt garam
1½ sdm minyak goreng

Sambal:

100 ml air
10 buah cabai rawit
3 siung bawang putih
2 sdm gula pasir
1 sdm cuka
½ sdm saus sambal botolan
½ sdt garam

Pelengkap:
2 batang daun bawang cung, iris-iris

Cara Membuat
·
60 menit

Sambal: Menggunakan blender, haluskan bahan sambal. Tuang dalam panci, masak sambil diaduk hingga mendidih. Angkat, sisihkan.

Panaskan minyak goreng dan bawang putih di atas api sedang sambil diaduk hingga renyah dan cokelat keemasan. Angkat, tiriskan.

Dalam wajan yang sama, tambahkan 2 sdm minyak. Tumis bengkuang, ebi, gula pasir, dan garam. Masak hingga bengkuang layu, tambahkan 3 sdt bawang putih goreng. Aduk rata, angkat. Tiriskan agar air bengkuang tidak masuk dalam isian. Sisihkan.

Kulit: Dalam wadah, campur air, tepung beras, tepung tapioka, dan garam. Aduk rata, pastikan tidak ada yang menggumpal. Tuang minyak, aduk rata kembali.

Tuang ke dalam wajan anti lengket. Masak sambil diaduk hingga menjadi adonan. Angkat. Pindahkan ke dalam wadah, uleni hingga kalis.

Lapisi talenan dengan tepung tapioka. Tipiskan adonan hingga tipis , potong dengan ring cutter 8 cm . Ulangi hingga bahan habis. Beri isi, lipat 2 menjadi setengah lingkaran.

Tata di atas kukusan yang diolesi minyak. Semprotkan dengan air di atas tiap choipan. Sajikan choipan dengan taburan bawang putih gorengdan daun bawang cung.

TIPS:

Untuk disimpan beku sebaiknya choipan jangan dikukus. Tata di wadah datar agar kulit kering. Setelah kering, simpan bertumpuk dalam wadah kedap udara di dalam freezer. Selamat mencoba. (REDAKSI)

Leave a comment