Harisson Buka Kalbar Food Festival 2024

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Membuka secara resmi Kalimantan Barat Food Festival 2024.
Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Harisson didampingi Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Mohammad Bari memangkong sotong bersama di Halaman Parkir Mega Mall Pontianak.

Ia atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak penyelenggara.

"Atas dedikasi serta konsistensinya dalam mempromosikan kuliner khas Kalbar melalui penyelenggaraan Kalbar Food Festival setiap tahunnya," ucap Harisson.

Disampaikannya, penyelenggaraan Kalbar Food Festival Tahun 2024 ini merupakan perhelatan untuk yang ke-5 kalinya, kegiatan Kalbar Food Festival Tahun 2024 yang juga masih merupakan rangkaian Peringatan HUT ke 67 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Yang harus diperhatikan adalah UMKM di setiap kesempatan harus dukung, motivasi supaya UMKM terus bisa tumbuh.

Sebenarnya program dari pemerintah pusat maupun program pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Diakuinta jika wisatawan biasanya berkunjung ke suatu tempat di sampingp melihat keindahan alam, budaya, tetapi yang paling dicari itu sebenarnya kuliner dan kita Kalimantan Barat dan lbanyak sekali kuliner yang bisa membanggakan.

"Dan bisa dicicip oleh semua orang dengan cita rasanya yang benar-benar ngangenin, jadi kalau sudah sekali mencicipi kuliner kita pasti ingin balik lagi ke Kalbar, untuk itu kita harus dorong terus dan kuliner ini terus kita bangkitkan dan kembangkan," ungkapnya.

Tak hanya itu, Harisson menyampaikan bahwa Provinsi Kalimantan Barat selain kaya dengan keindahan alam dan budayanya, juga kaya dengan kulinernya yang khas, beragam, dan memiliki cita rasa yang tinggi.

Kekayaan kuliner tersebut patut untuk terus dipelihara, dilestarikan serta dipromosikan ke tingkat nasional bahkan internasional, salah satunya melalui festival kuliner seperti Kalbar Food Festival ini.

Dengan adanya Festival Kuliner ini diharapkan menjadi wadah untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan peningkatan UMKM yang ada di Kalimantan Barat.

Iapun mengajak seluruh masyarakat Kalimantan Barat, para pelaku usaha di sektor kuliner dan pelaku industri UMKM pariwisata dan ekonomi kreatif untuk meramaikan dan menyukseskan Kalbar Food Festival ini.

"Begitu banyak rangkaian acara yang dapat dihadiri dan diikuti. Kita juga berharap bahwa Kalbar Food Festival ini bisa menjadi agenda rutin sebagai upaya untuk mempromosikan sekaligus melestarikan kuliner khas Kalimantan Barat," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari,mengatakan bahwa tujuan dari diselenggarakannya event ini adalah untuk memperkenalkan 17 sub-sektor ekonomi kreatif di antaranya ada kuliner.

"Kita mau kuliner - kuliner yang ada di Kalimantan Barat dikenal bukan hanya wisatawan yang ada di Kalimantan Barat tetapi juga wisatawan Nusantara bahkan wisatawan mancanegara," harap Windy.

Kemudian Windy yang juga merupakan Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat mengungkapkan dengan diadakannya event ini juga akan membantu para industri pariwisata, industri ekonomi kreatif dan UMKM untuk dapat meningkatkan perekonomian di Kalimantan Barat.

Tak hanya itu dirinya juga menyampaikan bahwa hari puncak Kalbar Food Festival ini akan digelar pada tanggal 23 Februari 2024 mendatang.

Ia mempersilahkan masyarakat Kalimantan Barat untuk datang kesini bukan hanya kuliner tetapi subsektor lain juga ada dan tentunya dengan berbagai macam pertunjukan yang disajikan disini.

"Jadi pada tanggal 23 nanti kita ada hari puncak di SAPRAHAN Khatulistiwa di PCC kemudian sorenya di Kalbar Food Festival. Nanti ada lomba masak menu MP ASI untuk ibu-ibu Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat kemudian lomba memasak olahan ikan," jelasnya.

Beragam acara menarik turut memeriahkan Kalbar Food Festival 2024, pertunjukan seni budaya, dan lomba-lomba kuliner.

Festival ini diharapkan menjadi agenda wisata tahunan yang menarik minat wisatawan dan memajukan industri kuliner Kalimantan Barat.

Kegiatan Kalbar Food Festival berlangsung mulai tanggal 17 Februari hingga 25 Februari 2024 dan di adakan hari Puncak pada tanggal 23 Februari dengan menghadirkan Rekor MURI sotong pangkong yang diikuti lebih dari 500 orang. ***

Leave a comment