Menpan RB Cek Pelayanan di MPP Kubu Raya, Beri Beberapa Catatan untuk Penyempurnaan

23 April 2024 20:18 WIB
Menpan RB, Abdullah Azwar Anas tinjau aktivitas Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kubu Raya, Selasa (23/4/2024). (Istimewa)

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas harap hadirnya mal pelayanan publik atau MPP Kubu Raya, mudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan yang terintegrasi.

Menurutnya, mal pelayanan publik yang dihadirkan pemerintah menjadi salah satu upaya mengintegrasikan layanan yang cepat, mudah, murah dan transparan.

"Jadi, Mall Pelayanan Publik itu, intinya adalah mengintegrasikan berbagai layanan dari berbagai dinas dan kementerian, termasuk instansi-instansi vertikal," kata Abdullah Azwar Anas, saat berkunjung ke MPP Kubu Raya, Selasa (23/4/2-24).

Ia pun mendorong, Pemkab Kubu Raya terus menyempurnakan lagi pelayanan di MPP ini, khususnya menyediakan feedback tingkat kepuasan dari masyarakat yang mendapatkan layanan.

"Saya minta nanti disediakan di pintu masuk, sehingga nanti melalui sistem dapat diketahui, baik, kurang baik, puas atau tidak puas," pesannya.

Selain itu ia juga meminta kepada seluruh petugas yang memberikan pelayanan menggunakan tanda pengenal.

Tujuannya agar masyarakat bisa mengenal terutama mengenal sifat dan karakter dari petugas yang melayani.

"Saya berharap nanti, setiap yang melayani ada namanya, sehingga nanti, meskipun orang tidak kenal, mininal tau namanya," tuturnya.

MPP Kubu Raya merupakan satu dari beberapa MPP di Indonesia yang diresmikan oleh Menpan RB Abdullah Azwar Anas secara virtual beberapa waktu lalu. Ia mengaku senang bisa berkunjung secara langsung ke MPP Kubu Raya.

Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman bersyukur Menpan RB menyempatkan diri melihat langsung pelayanan di MMP Kubu Raya, di sela-sela kegiatannya menghadiri Musrenbang Provinsi Kalimantan Barat.

"Menpan RB, bukan hanya meninjau loket layanan di MPP ini, tapi juga melihat dari infrastruktur pendukung, yakni toilet. Alhamdulillah secara umum, beliau menilai MPP kita termasuk MPP yang baik, bagus," kata Kamaruzaman.

Kendati demikian Menpan RB memberikan catatan-catatan. Di antaranya, terus menyempurnakan SOP pelayanan.

Seperti menyediakan indeks kepuasan masyarakat berupa feedback yang disampaikan oleh masyarakat.

"Menindaklanjuti arahan dari Pak Menpan RB, ini akan segera kita siapkan," ucap Kamaruzaman.

Selain itu, MPP Kubu Raya agar melakukan pelayanan secara digitalisasi yang terintegrasi, sehingga pelayanan bisa komprehensif.***

Leave a comment