Pj Bupati Kubu Raya: Pentingnya Sinergi Gerakan PKK dengan Pemerintah

9 Mei 2024 17:17 WIB
Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Eksistensi Gerakan PKK telah diakui secara luas.

Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman mengatakan menegaskan karena organisasi PKK merupakan organisasi kemasyarakatan yang punya unsur-unsur kelembagaan mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, hingga desa dan kelurahan.

"PKK merupakan mitra kerja pemerintah yang mendukung secara nyata terhadap akselerasi pembangunan melalui 10 program pokok yang dilaksanakan oleh organisasi ini,” ungkap Kamaruzaman usai menyaksikan pengukuhan Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Kubu Raya sebagai Ketua Pembina Posyandu Kecamatan.

Pj Bupati Kubu Raya Syarif Kamaruzaman menjelaskan Gerakan PKK tumbuh dengan tujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan lahir dan batin menuju keluarga yang berbahagia.

“Ini tentunya bersinergi dengan program-program pemberdayaan yang dilakukan oleh pemerintah,” ucapnya.

Termasuk, lanjutnya, Gerakan PKK turut berperan dalam membangun dunia pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini (PAUD). 

Selain itu PKK juga aktif mendorong pemberdayaan ekonomi keluarga melalui program usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) di tingkat rumah tangga. PKK juga terlibat aktif dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat seperti menggerakkan posyandu hingga membantu ibu hamil dan melahirkan sehingga mengurangi angka kematian ibu dan bayi saat proses persalinan.

“Serta turut aktif dalam langkah dan upaya pencegahan stunting,” tambahnya.

Kamaruzaman menuturkan Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah mendapat amanat dan tanggung jawab untuk berpartisipasi aktif dalam percepatan penurunan angka stunting. 

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting. 

PKK memiliki peran sangat strategis dalam pencegahan stunting di mana sasarannya adalah keluarga.

"Sehingga intervensi yang dilakukan dapat langsung menyentuh kelompok sasaran stunting yaitu remaja, calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, dan anak berusia 0-59 bulan," terangnya.

Untuk menjaga hal tersebut, penting untuk terus mengembangkan Gerakan PKK yaitu menyiapkan kader-kader PKK di tingkat bawah. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : -

Leave a comment