Firdaus Putra Siap Pimpin KKSS Kalbar Periode 2024-2029

11 Mei 2024 11:39 WIB
Firdaus Putra. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Firdaus Putra, menjadi satu di antara kandidat yang akan maju pada bursa pemilihan Ketua Kerukunan Keluarga Sulawewsi Selatan atau KKSS Kalbar, periode 2024-2029.

Dia pun mengaku sudah menemui sejumlah tokoh atau sesepuh KKSS Kalbar, dan telah diberi mendapat menjadi kandidat calon ketua. 

"Atas desakan para sesepuh dan banyak warga KKSS di Kalbar, dan pertimbangan dari kerabat, InsyaAllah saya siap untuk mencalonkan diri sebagai ketua," ujar Firdaus, Sabtu (11/5/2024). 

Adapun misinya, ingin memberikan kontribusi terhadap eksistensi KKSS di Kalbar seperti periode sebelumnya yakni masa kepemimpinan Puang Andi Bahrun, dan mendiang Puang Kadir Ube.

"Hal yang terpenting dalam misi saya adalah penguatan soliditas dan kekompakan seluruh warga KKSS di Kalimantan Barat," katanya. 

Firdaus mecanangkan program membuat database setiap warga KKSS di Kalbar dengan memanfaat teknologi. Baginya, pendataan ini sangat penting untuk merangkul semuanya. 

"Sehingga nanti warga KKSS dapat kita petakan by name by adres and by phone. Data warga itu penting, agar komunikasi dan silaturahmi mudah dilaksanakan," ujarnya.

Profil Firdaus Putra

Firdaus Putra, atau kenal dengan panggilan Firdaus adalah salah satu tokoh senior di KKSS Kalbar sejak dari zaman Ketua (Alm) Kadir Ubbe'. 

Pada periode ketua terakhir, Firdaus menjabat sebagai Ketua Harian BPW KKSS Kalbar. Pria kelahiran Wajok Hilir, 17 Mei 1975 ini juga digelari 'Petta Temmu' oleh Ketua Komunitas Pemerhati Parewa Bessi 'Awang Tangka' Kabupaten Bone. 

Dari jalur orang tua laki-laki, Firdaus bergelar puant. Karena bernasab Bone. Firdaus merupakan anak dari H Muhammad Hasani bin Daeng Abdul Wahid bin Daeng Ceng Ge bin Puatta Kapitang La Palancoi bin Puatta La Temmu Page Arung Labuaja (Panglima perang Kerajaan Bone pada masa Arumpone La Pawawoi Karaeng Sigeri). 

Sementara bila ditarik dari garis ibu, Firdaus berasal dari Wajo. Ketersambungan nasab dari jalur ayah hingga Mangkau' Bone ke-22 (Puatta La Temmasonge) dan ke-16 (Puatta La Patau Matanna Tikka) membuat Firdaus saat ini juga menjadi bagian dari Perwira LPMT (Perkumpulan Wija Raja La Patau Matanna Tikka) dan pada beberapa kesempatan, ia menghadiri kegiatan-kegiatan pertemuan wija.

Saat ini Firdaus juga menjabat sebagai Ketua I, Organisasi Kerukunan Perantau Masyarakat (KPM) Bone-Kalimantan Barat.

Dengan segudang pengalaman dan latar belakang, ia bisa dipastikan calon kuat Ketua KKSS Kalbar periode 2024-2029.***


Penulis : Abdul Halikurrahman
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar