PLN Berikan Bantuan Pengembangan dan Pelatihan UMKM Budidaya Madu, Terasi dan Ikan Asin di Kendawangan

1 Juli 2024 10:38 WIB
Acara Serah Terima Bantuan dan Pelatihan Program PLN Peduli oleh PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) kepada Kelompok Budidaya Madu Lebah Hutan dan Terasi & Ikan Asin di Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan.

KENDAWANGAN, insidepontianak.com – Melalui PLN Peduli, PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) berikan bantuan dan kembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Budidaya Madu Lebah Hutan dan Terasi & Ikan Asin di Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan. 

Bantuan yang diberikan PLN Peduli adalah berupa pelatihan kewirausahaan, pelatihan pengurusan legalitas UMKM, bantuan peralatan pendukung usaha budidaya muda lebah hutan, peralatan usaha terasi dan ikan asin,  peralatan nelayan dan mengumpulkan ikan, serta bantuan bahan baku UMKM. 

Manager UPP 2 PLN UIP KLB, Dony Cahya Hari Mulya mengatakan pihaknya sedang melaksanakan pembangunan SUTT 150 kV Kendawangan – Sukamara yang di mana melewati Desa Mekar Utama.

Proyek ini akan menghubungkan antara jaringan Listrik di Kalimantan Barat ke Kalimantan Tengah. 

Pihaknya memohon dukungan masyarakat seluruhnya sehingga proyek dapat berjalan dengan lancar dan dapat segera beroperasi di akhir tahun 2024 ini. 

"Karena dengan beroperasi jaringan transmisi ini akan meningkatkan keandalan listrik yang ada di wilayah Ketapang sehingga dapat membantu masyarakat semua dalam mengembangkan usahanya," ungkap Manager UPP 2 PLN UIP KLB, Dony Cahya Hari Mulya.

Desa Mekar Utama merupakan salah satu desa yang dilewati proyek PLN dan melihat adanya potensi dalam dunia usaha yang ada di Desa Mekar Utama.

Pihaknya lantas memberikan bantuan berupa Program Pengembangan UMKM Budidaya Madu Lebah Hutan dan Terasi & Ikan Asin untuk para kelompok UMKM.

"Kami harapkan dengan adanya bantuan ini masyarakat di desa ini dapat lebih sejahtera dan kita semua dapat menghasilkan produk UMKM yang jauh lebih baik lagi serta dapat dipasarkan keseluruh Indonesia," urai Dony. 

Dalam sambutannya, Camat Kendawangan, Adi Kesuma memberikan apresiasi kepada PLN atas bantuan yang diberikan kepada penerima manfaat.

Terima kasih ia ucapkan kepada PLN, dan berharap bantuan ini sangat membantu warga dalam meningkatkan usaha. 

"Selain itu semoga pelatihan UMKM ini bisa meningktakan ilmu, wawasan, pengalaman, warga untuk lebih tau cara mengelola suatu usaha yang baik, mudah-mudahan apa yang kita dapat ini akan berbuah banyak manfaatnya," jelas Adi. 

Senada dengan Adi, Kades Mekar Utama, Hasbuna berharap bantuan ini mendorong UMKM penerima bantuan semakin maju dan berkembang.

"Semoga bantuan yg diberikan PLN ini kami harapkan dapat memberikan motivasi kepada bapak-ibu kelompok UMKM semangat dalam mengembangkan produk-produk handalannya," terangnya.

Selain itu juga dapat mematenkan produknya melalui pengurusan legalitas sehingga semua UMKM di desa ini memiliki izin dan semakin meluas jangkaun penjualannya.

Total penerima bantuan dari program PLN Peduli baik itu dari Kelompok Budidaya Madu Lebah Hutan, Kelompok Terasi & Ikan Asin serta Kelompok Nelayan Desa Mekar Utama adalah sebanyak 125 orang.  

Serah terima bantuan PLN Peduli yang dilanjutkan dengan pelatihan kewirausahaan ini dilaksanakan di Kantor Desa Mekar Utama dihadiri oleh Camat Kendawangan, Adi Kesuma; Manager Unit Pelaksana Proyek (UPP) 2 PLN UIP KLB, Dony Cahya Hari Mulya; Kepala Desa (Kades) Mekar Utama, Hasbuna; Kepada Dusun (Kadus) Sungai Gantang; Kadus Silingan Sukaria, Maran; perwakilan dari Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kab. Ketapang, Sugiarto; Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Apriliyanto.

Serta penerima bantuan PLN Peduli yaitu dari kelompok Budidaya Madu Lebah Hutan, kelompok Terasi & Ikan Asin, dan Kelompok Nelayan Desa Mekar Utama.  ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment