Pesan Pj Gubernur Kalbar Harisson Saat Peringati HUT RI ke-79 Tahun

17 Agustus 2024 15:04 WIB
Peringatan Detik-Detik Proklamasi Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di Halaman Kantor Gubernur Kalbar

PONTIANAK, insidepontianak.com – Pj Gubernur Kalbar Harisson bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Detik-Detik Proklamasi Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, Sabtu (17/8/2024).

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kalbar.

Usai menjadi Inspektur Upacara, Pj Gubernur Kalbar Harisson menjelaskan bahwa sesuai tema yaitu "Nusantara Baru, Indonesia Maju", dirinya berharap agar Pembangunan Indonesia lebih ke Indonesia Sentris, tidak lagi Jawa Sentris.

Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79 di Kalimantan Barat tidak hanya menjadi momen untuk mengenang jasa para pahlawan, tetapi juga sebagai momentum untuk memacu semangat pembangunan dan prestasi. 

Dengan tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju" dan pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan, Pj Gubernur Kalbar Harisson menekankan pentingnya percepatan pembangunan yang merata di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat. 

"Dengan adanya Ibu Kota Nusantara (IKN) di Pulau Kalimantan, maka semua terutama Penduduk di Kalimantan berharap akan dampak yang positif dengan Pembangunan IKN, salah satunya Percepatan Pembangunan di Provinsi - Provinsi lain sebagai mitra  Ibu Kota Nusantara," ungkap Harisson.

Pj Gubernur Kalbar juga mengharapkan dengan Pembangunan IKN dan dengan dipindahkannya Ibu Kota Nusantara maka masyarakat Kalimantan Barat khususnya akan lebih cepat mencapai kesejahteraan.

"Tentu saja Pemerintah Pusat tidak akan membiarkan provinsi-provinsi mitra Ibu Kota Nusantara tertinggal dalam hal Pembangunan dan pastinya Pembangunannya juga setara dengan IKN," tambahnya.

Pesan Pj Gubernur Kalbar pada Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke - 79 untuk anak-anak Muda dan para remaja harus terus bersemangat untuk  mengukir prestasi menjadi generasi yang sehat, cerdas dan unggul menuju Indonesia Emas Tahun 2045.

Pada pacara kenaikan bendera Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke - 79, Pj Gubernur Kalbar Harisson juga berkesempatan menyematkan Tanda Jasa Satya Lencana dari Presiden Joko Widodo bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah mengabdi selama 30 tahun atas nama, R. Rizal Sukamto, 20 tahun atas nama Abdul Ghani yang merupakan Kepala Badan Penghubung Provinsi Kalbar dan atas nama Fransiska Donita yang telah mengabdi 10 tahun.

Melalui upacara yang khidmat dan penuh makna ini, diharapkan seluruh elemen masyarakat Kalimantan Barat, terutama generasi muda, dapat terus bersemangat dalam mengukir prestasi dan berkontribusi dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. 

"Dengan semangat persatuan dan tekad yang kuat, Kalimantan Barat siap menjadi bagian integral dari kemajuan Indonesia di era baru ini," urainya.

Usai upacara kenaikan bendera Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke - 79, Pj Gubernur Kalbar Harisson juga berkesempatan menandatangani prasasti pembangunan gedung Klinik Terpadu dan Gedung Rawat Inap Anak di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soedarso. 

Sebanyak 28 orang putra dan putri terbaik dari seluruh Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat, bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Kalbar dengan didampingi Pasukan 45, yang terdiri dari prajurit TNI-POLRI, yang dipimpin Komandan Upacara, Letkol Infantri Akhmad Rahmatullah.

Bertugas sebagai pembawa baki Bendera Merah Putih yakni Balqis yang berasal Kota Singkawang. Kemudian untuk pengibar Bendera Merah Putih adalah Andra Panamuan asal kabupaten Landak, Ahmad Fahri Habibi, asal Kabupaten Sekadau dan Junirmansyah asal Kabupaten Kubu Raya.

Acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, Pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, Pembacaan Teks Undang-Undang Dasar 1945 oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar Prabasa Anantatur dan ditutup dengan Pembacaan Doa oleh Perwakilan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat.

Upacara yang berlangsung khidmat di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat tersebut dihadiri  Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Mohammad Bari, Pj Ketua TP PKK Kalbar Windy Prihastari Harisson, Pj Ketua Dharma Wanita Kalbar D. Efy Masfiaty M Bari, Jajaran Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat, para Pejabat TNI/Polri, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), serta para tokoh Kalimantan Barat. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar