Pj Gubernur Kalbar Harisson Ajak Mahasiswa UGM untuk Bangun, Berkarya dan Berkembang

19 Agustus 2024 12:57 WIB
Pj Gubernur Kalbar Harisson

PONTIANAK, insidepontianak.com – Bersama Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2024, Pj Gubernur Kalbar Harisson menghadiri Acara Ramah Tamah Pengurus Daerah (Pengda) Kagama Kalimantan Barat  yang diselenggarakan di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Minggu malam(18/8/2024).

Pj Gubernur Kalbar Harisson juga mengajak mahasiswa untuk membangun, berkarya dan berkembang di Kalimantan, karena Kalimantan itu adalah tanah harapan.

Dimana Presiden RI Joko Widodo memilih Pulau Kalimantan untuk dijadikan Ibu Kota negara, ayok tinggal di IKN, dengan majunya IKN maka akan mempercepat Pembangunan Mitra - Mitra Provinsi IKN juga.

Iapun mengucapkan terima kasih kepada Universitas Gadjah Mada, yang sudah memilih Kalimantan Barat sebagai tempat pelaksanaan KKN.

Pihaknya merasa bangga jika mahasiswa UGM dapat melihat kondisi masyarakat di pedesaan, bagaimana bisa menarik kesimpulan permasalahan dan mencoba untuk membantu memecahkan permasalahan.

Dan ini menjadi bekal bagi kalian untuk menjadi pemimpin baik di pemerintahan maupun di swasta dan dimanapun, mengenai bagaimana masyarakat di pedesaan.

"Semoga KKN ini juga bermanfaat untuk pembangunan di Kalimantan Barat," ungkap Pj Gubernur Kalbar Harisson.

Dirinya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik dalam memberikan stimulan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kalimantan Barat,  yang mana IPM-nya saat ini masih perlu ditingkatkan.

Kondisi ini menurutnya juga dipengaruhi oleh pertumbuhan lainnya seperti ekonomi.

Namun dengan adanya gebrakan besar dengan dibangunnya Ibukota Negara di Kalimantan Timur, dirinya berharap dapat mempercepat pembangunan di daerah Kalimantan lainnya khususnya Kalimantan Barat.

Pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat mengalami kenaikan, dimana pada kuartal kedua tahun 2024 pertumbuhan ekonomi Kalbar 4,76 dibawah Pertumbuhan Ekonomi Nasional, dan pada Kuartal kedua tahun lalu Pertumbuhan ekonomi Kalbar 4,00 sedangkan Pertumbuhan Nasional tahun lalu 5,17 dan sekarang 5,05, disaat pertumbuhan ekonomi nasional mengalami perlambatan.

"Namun pertumbuhan ekonomi Kalbar terus naik, dan kami tetap optimis pertumbuhan ekonomi Kalbar terus mengalami kenaikan," tuturnya.

Harisson juga menerangkan bahwa sekarang ini di Kalimantan Barat tidak ada lagi Desa Tertinggal dan Desa Sangat Tertinggal.

Dimana untuk Desa Mandiri di Kalbar sdh menjadi 1.079 desa, Desa Maju ada 495 desa, kemudian Desa berkembang sebanyak 472 desa.

"Kriteria desa di setiap wilayah itu sama baik di Pulau Jawa maupun di Pulau Kalimantan," urainya.

Dirinya juga tak lupa menyampaikan permohonan maaf apabila pemerintah provinsi dalam melayani para Mahasiswa kurang maksimal.

“Terima kasih juga kepada pengurus daerah Kagama Kalimantan Barat yang telah membantu selama pelaksanaan KKN ini," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Dosen Pembimbing KKN Mahasiswa Universitas Gadjah Mada di Kalimantan Barat, Retno Nur Utami menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan KKN UGM tahun 2024.

"Apabila selama pelaksanaan KKN tersebut yang hampir 50 hari, yang dipusatkan di tiga wilayah tersebut yaitu Kabupaten Sambas, Kabupaten Kubu Raya dan Kabupaten Sanggau terdapat hal- hal yang kurang berkenan selama melaksanakan aktivitas di lapangan," ucapnya.

Mewakili Mahasiswa KKN UGM di Kabupaten Kubu Raya, Muhammad Korfardan, mahasiswa dari Program Studi Bahasa dan Sastra Prancis, Fakultas  Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, yang merupakan Koordinator Mahasiswa Unit, menuturkan bahwa banyak sekali cerita dan pengalaman yang menarik selama KKN ini.

Terimakasih diucapkan, terutama kami yang melaksanakan KKN di kecamatan Sungai Kakap dan Kecamatan Rasau Jaya.

"Ucapan terima kasih dan permohonan maaf atas kesalahan apabila selama menjalankan kegiatan KKN di wilayah tersebut," ucapnya.

Turut hadir dalam acara Ramah Tamah Pengurus Daerah (Pengda) Kagama Kalimantan Barat bersama Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2024 diantaranya, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Kalimantan Barat, Linda Purnama, Kepala BNN Provinsi Kalimantan Barat, Irjen Pol Sumirat Dwiyanto, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pontianak periode 2018 - 2023, Yanieta, serta Para Pengurus Daerah Kagama Provinsi Kalimantan Barat, para dosen pembimbing KKN mahasiswa UGM dan mahasiswa - mahasiswi Universitas Gadjah Mada yang baru selesai melaksanakan KKN di beberapa daerah di Kalimantan Barat. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar