MABM Kalbar Gelar Pawai Budaya dan Lomba Permainan Tradisional

19 Oktober 2024 10:32 WIB
Majelis Adat Budaya Melayu atau MABM Kalimantan Barat menggelar pawai budaya yang diikuti puluhan komunitas seni dan budaya di Kalbar, Sabtu (19/10/2024) pagi. (Insidepontianak.com/Andi Ridwan syah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat (MABM Kalbar) menggelar pawai budaya yang diikuti puluhan komunitas seni dan budayawan, Sabtu (19/10/2024) pagi. 

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara Festival Melayu ke-13 tahun 2024 yang setiap tahunya digelar. Acara pawai budaya dimulai dari Masjid Mujahidin hingga finish di rumah adat melayu Kalbar.

Masing-masing peserta tampak menggunakan pakaian adat daerah beserta sejumlah aksesoris. Pawai berlangsung semarak. 

Ketua MAMB Kalbar, Chairil Effendy mengatakan, Festival Melayu ke-13 ini mengangkat tema: 'Jaga Tradisi, Melayu Lestari.' Dilaksanakan sejak kemarin. Dimulai dengan menggelar malam ta'aruf, di Pendopo Gubernur Kalbar. 

"Hari ini kita menggelar pawai budaya yang dilepas Pj Gubernur Kalbar," kata Chairil Effendy ditemui Insidepontianak.com, Sabtu (19/10/2024). 

Ia mengatakan, kegiatan festival melayu itu dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan ulang tahun Kota Pontianak ke 235.

Kegiatan ini diikuti berbagai komunitas mulai dari MABM dari 14 kabupaten dan kota, lalu diikuti juga oleh 24 etnis yang tergabung dalam Paguyuban Merah Putih.

"Acara ini juga menghadirkan standar pameran UMKM, ada juga dari pertamina, BUMD dan BUMN," katanya. 

Selain itu, Festival Melayu juga menghadirkan sejumlah perlombaan. Di antaranya lomba uri gasing, lomba sampan bidar, lomba silat, lomba abang kakak, dan lomba lagu-lagu melayu dan daerah, lomba lagu P Ramle, lomba baju pesta kain melayu Kalbar. 

"Macam-macam yang lain, yang kesemuanya itu berkaitan dengan identitas ke-melayu-an," tuturnya. 

Chairil berharap kegiatan tersebut dapat berjalan lancar. Apalagi, Kalbar tengah dalam pesta demokrasi yang saat ini tahapannya adalah masa kampanye dalam rangka Pilkada dan Pilgub Kalbar 27 November 2024. 

"Karena tujuan kegiatan bagaimana juga menyemarakkan pesta demokrasi," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar