Pecahkan Rekor MURI, Pj Gubernur Kalbar Harisson Apresiasi Tari Jepin Massal

20 Oktober 2024 17:01 WIB
Pj Gubernur Kalbar Harisson, bersama Pj Ketua TP PKK Windy Prihastari Harisson mengikuti Pemecahan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) Tarian Jepin Massal terbanyak

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dalam rangka perayaan Hari Jadi ke-253 Kota Pontianak, Pj Gubernur Kalbar Harisson, bersama Pj Ketua TP PKK Windy Prihastari Harisson mengikuti Pemecahan Rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) Tarian Jepin Massal terbanyak pada Minggu pagi (20/10/2024).

Pj Gubernur Kalbar Harisson saat diwawancarai tampak gembira dan mengapresiasi atas pencapaian yang dilakukan Pemerintah Kota Pontianak yang berhasil memecahkan rekor MURI dalam kegiatan tari massal bersama masyarakat.

Ia menyampaikan apresiasi kepada Penjabat Wali Kota Pontianak dan seluruh masyarakat Kota Pontianak dan Kalimantan Barat.

"Dimana hari ini kita bersama - sama sudah berhasil memecahkan rekor MURI Tari Jepin Massal, dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pontianak ke 253," ungkap Harisson.

Dirinya menilai, pemecahan rekor Muri tari jepin massal ini, tak hanya sekedar hiburan bagi masyarakat semata namun juga bentuk nyata pemerintah hadir dalam menjaga dan melestarikan adat budaya melayu yang lekat di Kota Pontianak.

“Pemecahan rekor muri ini sebenarnya disamping mengajak masyarakat untuk bergembira bersama juga dalam rangka melestarikan budaya melayu," urainya.

Tak hanya itu, ia juga menyambut baik gelaran yang meriah ini untuk meredakan suasana menyambut pesta demokrasi yang sedang berlangsung yang puncaknya akan dilaksanakan pada akhir bulan November mendatang.

“Mudah - mudahan menjelang pilkada, masyarakat tetap aman, tentram, damai, tertib dan bergembira. Jadi sedikit meredakan masyarakat juga yang beberapa waktu belakang ini diserbu oleh  informasi - informasi terkait politik praktis," paparnya.

Pj Gubernur Kalbar Harisson juga turut mendorong kepada seluruh pemerintah daerah yang ada di Kalbar untuk turut aktif dalam menggelar event di daerahnya serta mendaftarkan event - event tersebut kepada Kementerian pariwisata untuk ditetapkan menjadi event nasional.

Menurutnya Pemprov kalbar sangat mendorong semua kabupaten kota yang ada di Kalbar untuk mengangkat budaya dan event masing - masing. 

Sehingga diusulkan melalui Disporapar dan selanjutnya diusulkan kepada Karisma Event Nusantara (KEN), yang nantinya Kementerian Pariwisata RI akan melakukan kurasi, apabila event ini layak untuk terus dikembangkan dan dilestarikan maka akan diterima dan ditetapkan. 

"Tak hanya itu, juga akan ada bantuan termasuk pendanaan dalam melaksanakan kegiatan dan event yang ada di Kalbar tersebut," cetusnya.

Di tempat yang sama Pj Wali Kota Pontianak Ani Sofian mengucap syukur karena event Tari Jepin Massal ini berjalan lancar.

Pihaknya mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT, karena Kota Pontianak dihadiahi MURI sebagai peserta terbanyak Tari Jepin Massal yang dilakukan di sepanjang jalan A.Yani bersama seluruh warga Pontianak yang hadir.

"Dan ini juga tak terlepas dari dukungan pak Pj Gubernur dan Kadisporapar Provinsi Kalbar," kata Ani Sofian.

Ia juga menyebutkan bahwa persiapan yang dilakukan memang dalam waktu yang singkat, namun dapat terlaksana dengan baik atas keterlibatan semua pihak.

"Kegiatan ini persiapannya tak lama, mulai dari 2 minggu yang lalu, kita sampaikan ke masyarakat, masyarakat antusias dan mendukung. Alhamdulillah, kita juga imbau masyarakat untuk menggunakan pakaian Melayu," terang Ani Sofian.

Kegiatan yang dihadiri lebih dari 33 ribu peserta yang tumpah ruah di sepanjang Jalan Ahmad Yani Pontianak mulai dari depan Polda Kalbar hingga persimpangan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama ini berhasil mencatatkan rekor MURI dengan diserahkannya piagam dan medalinya oleh Direktur Operasional MURI Yusuf Ngadri. ***


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar