Pj Ketua PKK Kalbar Windy Prihastari Harisson Mengajak Pemuda Berperan di Pilkada 2024

28 Oktober 2024 08:13 WIB
Didampingi Ketua KPU Kalbar, Muhammad Syarifudin Budi, Pj Ketua TP-PKK Kalbar, Windy Prihastari Harisson di agenda Kepo Talk Dialog Inspiratif Pemuda Cerdas Memilih

KUBU RAYA, insidepontianak.com - Didampingi Ketua KPU Kalbar, Muhammad Syarifudin Budi dan Perwakilan dari Bawaslu Kalbar, Yosef Harry Suyadi, Pj Ketua TP-PKK Kalbar, Windy Prihastari Harisson mengajak pemuda untuk berperan atau berpartisipasi dalam pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah yang akan berlangsung pada tanggal 27 November atau Pilkada 2024 nanti.

“Kita ketahui, berdasarkan data dari KPU Kalbar bahwa 62 persen pemilih adalah anak muda, untuk itu saya selalu mendorong dan memotivasi pemuda tentang apa yang akan mereka lakukan pada saat pelaksanaan Pilkada nanti,” ungkap Windy Prihastari Harisson yang juga merupakan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Kadisporapar) Kalimantan Barat.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa jumlah partisipasi pemuda (anak muda) pada politik juga ikut meningkat dibandingkan pemilihan tahun 2019.

“Artinya kita sangat yakin sebenarnya pemuda di Kalbar ingin ikut berpartisipasi membangun Kalbar dan kita berupaya mendorong mereka untuk melakukan hal-hal positif dalam pembangunan Kalbar. Khususnya saat ini mempersiapkan mereka menjadi Pemilih Cerdas pada Pilkada 2024 nanti,” jelasnya.

Dirinya berharap pemuda-pemuda Kalbar dapat mengikuti pesta Demokrasi dengan menjadi pemilih yang cerdas dan tidak menjadi Golongan Putih (golput) pada Pilkada 2024.

“Mereka tidak boleh Golput, malah saya memberikan challenge atau tantangan yakni 1 orang harus mengajak minimal 20 orang untuk tidak Golput,” tutup Windy.

Sementara itu, Ketua KPU Kalbar mengapresiasi Pemerintah Provinsi Kalbar khususnya Disporapar yang telah membantu memberikan Sosialisasi kepada pemuda atas program-programnya.

“Saya apresiasi langkah Disporapar, tentunya ini bukan hanya menjadi tanggung jawab KPU, tentu juga menjadi tanggung jawab peserta Pemilu dan semua pihak untuk ikut terlibat mensukseskan Pilkada 2024,” kata MS Budi.

Diakuinya, banyak cara bagi anak muda untuk terlibat mensukseskan Pilkada 2024, yakni dengan cara menjadi pengawas Pemilu dan yang paling penting berpartisipasi sebagai pemilih.

“Karena 62 persen pemilih adalah anak muda, dengan anak muda hadir di 10.451 TPS, maka anak muda ikut terlibat aktif mensukseskan pesta Demokrasi di Kalbar,” tutupnya.

Perwakilan Bawaslu Kalbar juga turut mengapresiasi Disporapar yang telah mensosialisasikan keterlibatan pemuda dalam pesta Demokrasi.

“Terima kasih kepada Disporapar yang telah menjadi penggerak dalam kegiatan ini. Semoga Pilkada nanti memberikan rasa integritas dan upaya kita ini adalah upaya menggerakkan masyarakat peduli Pilkada 2024 di Kalbar,” tutup Yosef. ***

 


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

ikalsm

Berita Populer

Seputar Kalbar