Jelang Pilkada, FKUB KKU Gelar FGD Komitmen Pilkada Damai di Kayong Utara

23 Agustus 2024 14:51 WIB
Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) kabupaten Kayong Utara, gelar Forum Group Diskusi ( FGD ) menjelang Pilkada 2024

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) kabupaten Kayong Utara, gelar Forum Group Diskusi ( FGD ) yang bertajuk "Menggagas Pilkada Kayong Utara Yang Sukses Aman dan Damai dalam rangka Mensuskseskan Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kayong Utara Tahun 2024”.

Dalam sambutannya Pj Sekda kayong Utara, Rene Rienaldy mengatakan, Pemilu merupakan sarana kedaulatan rakyat sebagai satu pilar demokrasi guna menghasilkan pemerintahan dan lembaga perwakilan politik yang memiliki legitimasi yang kuat.

Pemilu harus berjalan secara umum, bebas, jujur, adil dan rahasia dalam lingkar negara kesatuan republik indonesia, berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945, seperti yang tertuang dalam undang-undang nomor 7 tahun 2017. 

"Tujuan pemilu berdasarkan undang-undang adalah untuk memperkuat sistim ketatanegaraan yang demokratis, mewujudkan pemilu yang adil dan berintegritas, menjamin konsistensi pengaturan sistim pemilu, memberikan kepastian hukum dan mencegah duplikasi dalam pengaturan pemilu dan mewujudkan pemilu yang efektif dan efisien serta mewujudkan kesejahteraan sosial," ucap Rene di Pendopo Bupati Kayong Utara kamis (22/8/24).

Ia juga mengatakan, Pelaksanaan pilkada ditahun 2024 ini, perlu kekuatan dan sinergi yang erat antara pemerintah daerah dengan pihak pendukung lainnya.

Salah satunya Polres kayong utara sebagai elemen utama dalam pengamanan dan menjaga ketentraman serta ketertiban pelaksanaan pilkada tahun 2024. Nantinya akan didukung penuh oleh satuan polisi pamong praja kabupaten kayong utara.

" Saya percaya, bahwa pilkada yang sukses, aman dan damai adalah sebuah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen yang telibat didalamnya, mulai dari individu, masyarakat dan pemerintah agar senantiasa berkomitmen untuk menjaga kondusifitas dan keamanan selama pilkada tahun 2024 " harapnya.

Usai FGD tersebut dilaksanakan, seluruh peserta bersama - sama melakukan, Deklarasi Pilkada Damai dan Anti Hoax oleh para peserta yang hadir. (Fauzi)


Penulis : M Fauzi
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment

wwwq

Berita Populer

Seputar Kalbar