Dinkes KB Kayong Utara Gelar Raker KESKB 2024

15 Oktober 2024 09:42 WIB
Penjabat Bupati Kayong Utara, Alfian menghadiri sekaligus membuka kegiatan Raker KESKB 2024

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB) Kabupaten Kayong Utara menggelar Rapat Kerja Kesehatan dan Keluarga Berencana (Raker KESKB) 2024 bertema "Penguatan Transformasi Kesehatan Melalui Integrasi Lintas Sektor, Swasta Maupun Pemerintah," Bertempat di Ball Room Palung Hotel Mahkota Kayong, Sukadana, Senin (14/10/2024).

Penjabat Bupati Kayong Utara, Alfian menghadiri sekaligus membuka kegiatan Raker KESKB 2024 mengapresiasi pelaksanaan Raker Dinkes KB. Raker ini menurut dia merupakan momen peningkatan dibidang kesehatan Masyarakat Kayong Utara. 

Selain itu, Alfian menambahkan bahwa terkait pelayanan, fasilitas  mutu kesehatan tidak bisa hanya di jalankan oleh Dinas Kesehatan, perlu sinergitas dan kolaborasi dari berbagai lini dan sektor yang membidangi. 

"Tentunya Raker KESKB 2024 Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara dengan tema penguatan tranformasi kesehatan melalui Integrasi lintas sektor, swasta maupun pemerintah, jadi harapan adalah upaya kita membangun bidang kesehatan secara khusus Kabupaten Kayong Utara, tidak bisa hanya kita serahkan pada pemerintah daerah lebih khusus pada Dinkes KB saja," kata Alfian. 

"Kita perlu kolaborasi dari semua pihak lingkup internal pemerintah, perangkat daerah, swasta dan masyarakat, sehingga apa yang menjadi keinginan kuta bersama (mutu kesehatan) menjadi semangat untuk mewujudkan itu," sambungnya. 

Selain itu, terkait tantangan dibidang kesehatan, ia melihat, Kayong Utara Utara harus mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat luas tentang kesehatan, sehingga, pemerintah daerah akan terus  mendorong dalam peningkatan dan pelayanan kesehatan. 

"Pemerintah daerah akan mendorong dan memfasilitasi terhadap peningkatan layanan kesehatan dengan berbagai transformasi penguatan sesuai arahan dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dalam mengimplementasikan di masyarakat," tuturnya.

Hal senada juga di sampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara, dr. Maria Fransisca, ia juga mengatakan bahwa dalam menjaga mutu kesehatan, pelayanan dan fasilitas kesehatan memiliki peran penting yang tak terpisahkan.

Dinkes KB di katakan Oleh dr. Sisca selalu melakukan evaluasi meskipun melalui daring (online) pada 11 Puskesmas, 30 Pustu, 45 Poskesdes, yang tersebar di kabupaten Kayong Utara. 

Oleh karena itu, Raker KESKB 2024 menjadi evaluasi khususnya bidang kesehatan dinas kesehatan dan keluarga berencana agar terus mendapatkan peningkatan baik bidang fasilitas maupun pelayanan. 

"Melalui kegiatan Raker KESKB 2024, kami secara internal melakukan penguatan dan evaluasi di 11 Puskesmas, 30 PUSTU, 45 Poskesdes setiap bulan meskipun hal tersebut kami lakukan secara daring, sehingga kami bisa memantau dan mengetahui apa saja yang menjadi kendala agar dapat cepat diselesaikan (tanggulangi)," tuturnya. (Fauzi)


Penulis : M Fauzi
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar