Meriahkan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2024, Kantor Wilayah BPN Provinsi Kalimantan Barat Gelar Donor Darah

19 Oktober 2024 15:54 WIB
Meriahkan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2024, Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan Barat Gelar kegiatan Donor Darah

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Dalam rangka menyemarakkan Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2024, Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan Barat menggelar kegiatan Donor Darah yang dilakukan serentak di masing-masing satuan kerja se-Kalimantan Barat, pada hari Jumat, (18/10/2024).

Kantor Pertanahan Kabupaten Kayong Utara bersama Tenaga Medis RSUD Sultan Muhammad Jamaludin I melaksanakan kegiatan Donor Darah bertempat di Aula Gedung Arsip Kantor Pertanahan Kabupaten Kayong Utara. Peserta donor darah diikuti oleh Pegawai di Kantor Pertanahan Kabupaten Kayong Utara dan Masyarakat setempat.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan Barat, Andi Tenri Abeng melalui Zoom Meeting.

Dalam acara ini, setidaknya lebih dari 40 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Setelah melalui tahap awal yaitu cek kesehatan oleh dokter yang bertugas, beberapa pendaftar gagal dan tidak dapat melanjutkan donor darah karena tidak memenuhi kriteria dan persyaratan secara medis.

Penyebab gagalnya tersebut antara lain dikarenakan kadar hemoglobin (Hb) kurang, tekanan darah tinggi, mengkonsumsi antibiotik dalam kurun waktu satu minggu sebelum donor darah.

Disamping hal di atas telah dipenuhi, syarat lainnya yaitu memiliki tubuh sehat secara jasmani. Hal ini penting mengingat darah pendonor akan masuk ke dalam tubuh seseorang.

Diharapkan dari kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk kesehatan diri sendiri dan yang akan menerima donor darah tersebut.(PK)


Penulis : M Fauzi
Editor : Wati Susilawati

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar