Bongkar Pasang Calon Wakil Ria Norsan, Setelah Heri Saman Muncul Nama Yohanes Rumak

27 Agustus 2024 07:31 WIB
Flyer Ria Norsan-Yohanes Rumpak beredar sebagai pasangan calon kepala daerah Pilgub Kalbar 2024. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ria Norsan kesulitan mencari calon wakil untuk maju Pilgub Kalbar 2024, menantang Sutarmidji-Didi, yang telah mantap diusung enam partai politik: Gerindra, NasDem, Golkar, PKS, PAN dan Demokrat. 

Ria Norsan sebelumnya sudah mengumukan nama Heri Saman sebagai calon wakilnya lewat rekaman suara yang beredar luas. 

Namun, belakangan, Heri Saman dipastikan kekeh maju di Pilkada Landak. Sebab sudah menerima SK tiga parpol: Gerindra, Golkar dan PSI, untuk melawan pasangan Karolin-Erani. 

Setelah Heri Saman gagal, kini muncul lagi nama Yohanes Rumpak sebagai calon wakil Ria Norsan. Flyer Norsan-Rumpak pun beredar sejak Senin (26/8/2024). 

Katanya, nama Rumpak sudah mengerucut jadi wakil Norsan. Ini berdasarkan pernyataan Wakil Sekretaris PDI Perjuangan Kalbar, Malin kepada Insidepontianak.com.

"Tapi kepastiannya besok (Selasa)," ujar Malin.

Dari pernyataan Malin, Nama Rumpak pun sejatinya belum final dipasangkan dengan Norsan. Sebab, Ketua DPD PDIP Kalbar, Lasarus juga belum dipastikan mundur dari pencalonan Pilgub Kalbar 2024. 

"(Pencalonan Lasarus) bisa tidak, bisa iya. Karena malam ini (Senin malam) kami masih rapat. Nanti kita kabari," ujar Malin. 

Lasarus sendiri dikonfirmasi Insidepontianak.com belum merespons soal kepastiannya bakal maju atau mundur dari pencalonan. 

Begitupun Ria Norsan juga belum memberikan penjelasan soal nama Rumpak yang belakangan disebut mengerucut sebagai calon wakilnya. Pesan konformasi lewat WhatsApp, juga belum dijawab. 

Adapun Yohanes Rumpak bukan orang baru di dunia politik. Ia adalah kader PDIP, dan mantan Anggota DPRD Kalbar periode 2019-2024. Ia juga tercatat pernah ikut Pilkada Sintang 2020, sebagai calon bupati berpasangan dengan Syarifuddin. 

Dan terakhir, Rumpak ikut kompetisi Pileg DPRD Sintang, 14 Februari 2024, dapi 1 Kecamatan Sintang. Ia pun berhasil terpilih dengan perolehan 3.899 suara.

Untuk diketahui, pencalonan Ria Norsan tidak hanya terganjal penentuan calon wakil. Tapi, poros partai kolisi pengusungnya sampai sekarang juga belum mengerucut.

Ria Norsan adalah politisi Golkar. Namun, partai beringin sendiri sudah memastikan mengusung pasangan Sutarmijdi-Didi. 

Adapun partai pemilik kursi Parlemen Kalbar yang belum menentukan sikap pengusungan di Pilgub Kalbar yaitu tinggal PDIP, PPP, PKB dan Hanura.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar