Sutarmidji Silaturahmi ke Sambas, Kumpul dengan Para Tokoh di Kediaman Almarhum Burhanudin A Rasyid

10 September 2024 21:29 WIB
Sutarmidji bersama para tokoh silaturahmi di kediaman almarhum Burhanudin A Rasyid. (Istimewa).

SAMBAS, insidepontianak.com - Bakal calon gubernur Kalbar, Sutarmidji bersilaturahmi dengan para tokoh di Kabupaten Sambas, Senin (9/9/2024) malam. 

Silaturahmi itu digelar di kediaman Burhanudin A Rasyid yang kini ditempati anaknya, Farhrur Rofi yang juga calon bupati Sambas. 

Kedatangan Sutarmidji di rumah keluarga besar almarhum mantan Bupati Sambas Burhanudin A Rasyid itu, sekaligus napak tilas perjuangan ketika maju sebagai calon gubernur untuk periode pertama tahun 2018 lalu. 

Dalam kesempatan itu, hadir para tokoh Kabupaten Sambas, Bupati Sambas periode 2016-2021 Atbah Romin Suhaili, dan juga Anggota DPRD Kalbar dapil Kabupaten Sambas Subhan Nur. 

Midji-sapaan karibnya berbincang santai dengan para tokoh tersebut, serta puluhan masyarakat yang hadir. Sesekali mereka tertawa lepas, sambil berkelakar antara satu sama lain. 

"Saya sama Pak Subhan, dengan Pak Atbah ini memang suka beladen. Tapi sebenarnya hubungan kami ini baik-baik saja. Tidak ada pakai hati. Naik turun satu hubungan itu biasa," kata Midji. 

Ia pun memastikan, hubungan silaturahim dengan para tokoh di Kabupaten Sambas, masih terjalain dengan baik. 

"Kami baik, saya dengan Pak Atbah, mau dengan Pak Subhan, semuanya baik-baik saja," pungkasnya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Sambas Farhrur Rofi menyampaikan beberapa alasan mengapa ia sengaja mengundang Sutarmidji kembali ke rumahnya. 

Yakni dengan situasi yang hampir sama, ketika pertama kali Sutarmidji mencalonkan diri sebagai gubernur pada 2018 lalu. Pertama, kata dia, dirinya menjadi salah satu saksi sejarah, saat Midji akan maju di periode pertama. 

Ketika itu, Midji juga sempat berkunjung ke rumahnya, dan bertemu dengan almarhum sang ayah Burhanudin A Rasyid. 

"Beliau waktu 2018 mencalonkan diri, dan pertama kali beliau datang ke Sambas ke rumah ini juga, dan menang. Mudah-mudahan datang ke sini lagi, dan menang lagi," kata Rofi.

Rofi juga sempat menceritakan, ketika Midji bertemu almarhum ayahnya di 2018 itu, di mana semua orang diminta ayahnya keluar dari ruangan. 

Midji, dan almarhum Burhanudin A Rasyid kemudian berbincang empat mata, membahas berbagai hal tentang pembangunan, dan harapan masyarakat Sambas. 

"Saya penasaran pas Pak Midji pulang, saya tanyakan apa yang diomongkan keduanya. Jadi waktu itu Bapak saya minta ke Pak Midji tolong jalan-jalan provinsi (di Sambas) digenahkan, tolong (jembatan) Sungai Sambas Besar digenahkan, tolong sekolah-sekolah digenahkan juga, tolong beri porsi orang Sambas di provinsi. Alhamdulillah saat beliau menjabat semua itu dijalankannya," terangnya. 

Rofi menambahkan, di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar saat ini, cukup banyak orang Sambas yang menduduki jabatan tinggi. Dan itu, kata dia, menunjukkan kepedulian Midji dengan orang-orang Sambas. 

"Sampai Pj Sekda sekarang itu juga orang Sambas. Itu menunjukkan kepedulian beliau (Midji) terhadap Sambas, banyak hal lainnya juga. Yang jelas ini (salah satu) alasan, kenapa kinerja beliau saya pandang baik, dan perlu dilanjutkan ke depannya," ucapnya. 

Lalu alasan yang kedua, Rofi menilai, untuk maju kembali sebagai gubernur di periode kedua nanti, Midji telah memilih orang yang pas. 

Yakni mantan Kapolda Kalbar Didi Haryono, yang merupakan salah satu putra terbaik Kalbar, kelahiran Sambas, dan dibesarkan di Singkawang. 

"Jadi saya rasa beliau (Midji) cukup bagus dalam memilih wakil, karena Sambas penduduk nomor dua terbesar se-Kalbar, sehingga beliau ambil orang Sambas, Insyaallah menang, beliau ini ke depannya," harapnya. 

Rofi yang juga bakal calon bupati Sambas itu, lantas mengajak para pendukungnya untuk ikut mendukung Sutarmidji agar bisa kembali menjadi Gubernur Kalbar. 

"Jadi saya semangat dukung beliau, dan mudah-mudahan yang hadir di sini juga sepakat dengan saya, mendukung Pak Midji. Apa yang bapak/ibu telah buat untuk saya, saya harap bapak/ibu juga buat untuk Bapak Sutarmidji, kita hantarkan beliau ke pintu kemenangan bersama-sama," ajak Rofi. 

Di tempat yang sama, Bupati Sambas 2016-2021 Atbah Romin Suhaili juga turut menyampaikan dukungannya kepada Sutarmidji. Ia juga mengajak masyarakat Kabupaten Sambas untuk memenangkan Sutarmidji di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Tahun 2024 ini. 

"Malam ini (Senin) kita berjumpa dengan Bang Midji. Siapa dia? Gubernur kita, kita akan hantarkan lagi beliau menjadi Gubernur Kalbar," ajaknya. 

Politisi PKS itu mengatakan, masyarakat Sambas harus bersyukur karena di zaman kepemimpinan Sutarmidji, sudah cukup banyak pembangunan yang masuk ke Kabupaten Sambas. 

Seperti disebutkan dia, ada pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar. Yang meski dibangun oleh pemerintah pusat, namun Sutarmidji turut andil mengusulkan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) kampanye ke Kalbar untuk maju di periode kedua. 

"Yang kedua, kita punya sekolah (SMKN) unggulan atas jasa beliau, ketiga jalan (provinsi) ke arah Paloh selesai. Insyaallah kita sama-sama perjuangkan Bang Midji untuk menjadi Gubernur Kalbar yang kita cintai. Apalagi wakilnya adalah orang kampung kita, Pak Didi, yang sudah punya pengalaman luar biasa, dan pernah menjadi Kapolda Kalbar," katanya.***


Penulis : Abdul Halikurrahman/bis
Editor : -

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar