Survei LSI: Kepuasan Publik terhadap Edi-Bahasan 92 Persen, Unggul di Segala Segmen Pemilih

10 Oktober 2024 18:07 WIB
Peneliti Senior LSI Denny JA, Adjie Alfarabi merilis hasil survei terhadap dua pasangan calon kepala daerah Pilwako Pontianak 2024. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, mengemukakan beberapa temuan yang menyebabkan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Pontianak nomor urut 1, Edi Rusdi Kamtono-Bahasan unggul jauh meninggalkan pasangan Mulyadi-Harti Hartidjah.  

Salah satunya, karena sosok Edi Rusdi Kamtono yang sanggat populer dan disukai masyarakat. Sedangkan penantang dinilai tak punya magnet yang kuat untuk menarik simpati pemilih. 

LSI merilis, elektabilitas pasangan Edi-Bahasan mencapai 70,7 persen berdasarkan hasil survei di akhir September hingga awal Oktober 2024. 

Sementara kompetitor, Mulyadi-Harti Hartidjah, hanya memperoleh dukungan sebesar 16 persen. Survei dilakukan dengan tatap muka kepada 600 responden di seluruh kecamatan di Kota Pontianak.

Peneliti Senior LSI Denny JA, Adjie Alfarabi mengatakan, Edi Rusdi Kamtono sebagai calon wali kota Pontianak unggul secara popularitas. 

Sebanyak 97 persen masyarakat Kota Pontianak mengenalnya. Sementara itu, kesukaan terhadap Edi Rusdi Kamtono mencapai 91,8 persen. 

"Keunggulan Edi dari personality. Edi dinilai sosok yang lebih menyenangkan, jujur, pintar, tegas, berwibawa, perhatian, dan berjiwa sosial," kata Adjie Alfarabi, saat memaparkan hasil survei terbaru di Pontianak, Kamis (10/10/2024). 

Sedangkan tingkat pengenalan kubu penantang tidik cukup kuat. Pengenalan Mulyadi hanya 47,7 persen, dan tingkat kesukaan publik terhadapnya hanya 69,6 persen. 

Sementara kekuatan dari sosok wakil, Bahasan juga lebih unggul dari Harti Hartidjah. Pengenalan terhadap sosok Bahasan mencapai 76,3 persen. Dan kesukaan mencapai 86 persen.  

Sedangkan pengenalan sosok Harti Hartidjah hanya mencapai 24 persen, dengan tingkat kesukaan 66,7 persen. 

Tak hanya itu saja, kepuasan masyarakat terhadap kepemimpinan Edi Rusdi Kamtono-Bahasan juga tinggi. Bahkan, mencapai 92,1 persen. Yang tak puas hanya 5,9 persen. 

"Jadi luar biasa. Tak banyak petahana yang punya tingkat kepuasan dan kesukaan yang setinggi ini. Paling hanya 10 persen di Indonesia," kata Adjie Alfarabi. 

Bahkan, tingkat kepuasan terhadap Edi Rusdi Kamtono-Bahasan dinilai mengalahkan kepemimpinan Joko Widodo. Walau belum ada rilis terbaru yang dilakukan LSI terhadp kepuasan kepemimpinan Joko Widodo. 

Di samping itu, Edi-Bahasan juga unggul di seluruh segmen pemilih seperti pemilih segmen agama, segmen gen-z dan milenial, emak-emak, segmen wong cilik, dan semua konstituen partai.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar