Sudarno Bertekad Majukan Sektor Pertanian Sekadau, Janji Jamin Pasar Petani hingga Bangun Pabrik

13 Oktober 2024 00:28 WIB
Martinus Sudarno. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Calon Bupati Sekadau, nomor urut 2, Martinus Sudarno bertekad memajukan sektor pertanian masyarakat di Bumi Lawangkwari. 

Salah satunya, dengan memberi jaminan pasar terhadap hasil pertanian masyarakat, hingga hilirisasi dengan membangun pabrik pengolahan, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Sudarno melihat, sektor pertanian menjadi salah satu potensi yang ada di Kabupaten Sekadau. Namun, pengelolaan potensi pertanian itu belum digarap secara maksimal. 

"Misalnya saja terkait dengan pemenuhan bibit, pupuk, hingga obat-obatan," katanya. 

Di samping itu, pemerintah juga belum hadir memberikan akses pasar terhadap petani. Padahal, hal tersebut menjadi penting guna menggerakkan roda perekonomian masyarakat. 

Karena itu, untuk memajukan sektor ini, perlu keberpihakan pemerintah. Sudarno menggaransi, jika ia mendapat amanah masyarakat memimpin Kabupaten Sekadau, akan betul-betul memprioritaskan pembangunan di sektor ini. 

Utamanya, terhadap tanaman yang menjadi unggulan, seperti jagung, yang dalam waktu singkat bisa dipanen dan tak memerlukan lahan yang luas. Dia ingin, potensi tanaman jagung menjadi unggulan. 

"Nanti kita akan bangun sentra pertanian jagung, yang setiap tiga bulan bisa dipanen," katanya. 

Tak hanya itu saja, untuk meningkatkan kesejahteraan petani, dia juga berjanji bakal mendatangkan investor untuk membangun pabrik pengolahan jagung di Sekadau.

"Karena kalau komuditasnya ada, tapi pembeli tidak ada juga akan jadi masalah. Kita berharap dengan adanya pabrik perekonomian masyarakat akan lebih baik dan ada lapangan kerja yang mampu menyerap tenaga kerja," tuturnya. 

Di samping itu, dia juga berkomitmen memprioritaskan pembangun infrastruktur di Sekadau. Tujuannya agar memudahkan masyarakat beraktivitas dan mengangkut hasil panen pertanian.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar