Pelaku Usaha Optimis Midji-Didi Mampu Bangkitkan UMKM Kalbar

16 Oktober 2024 11:57 WIB
Pelaku UMKM dukung Midji-Didi. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pendamping dan pelaku usaha UMKM yang tergabung dalam Garda Himpu Kalbar optimis kebangkitan UMKM di Kalimantan Barat bakal terjadi di bawah kepemimpinan Sutarmidji-Didi Haryono sebagai gubernur dan wakil gubernur Kalbar 2024. 

Optimisme ini, disampaikan Sekretaris Garda Himpu, Dian Nusaria usai menggelar diskusi dengan cawagub nomor urut 1, Didi Haryono. Pertemuan Didi Haryono dengan pendamping UMKM ini berlangsung di Aming Coffe Podomoro, Selasa (15/10/2024). 

Dalam kesempatan itu, Wakil Sutarmidji itu mendengar keluhan dan aspirasi para pendamping UMKM. Pria kelahiran Sambas ini pun menyampaikan komitmennya untuk memajukan UMKM jika terpilih bersama Sutarmidji. 

"Mendengar pemaparan beliau (Didi Haryono) kami sanggat mengapresiasi. Visi dan misi beliau sejalan dengan visi misi kami dalam memajukan UMKM," kata Dian Nusaria. 

Karena itulah, mereka optimis pasangan Sutarmidji-Didi Haryono adalah figur yang tepat memimpin Kalbar. 

Ia yakin, jika Sutarmidji-Didi Haryono terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2025-20230, maka kemajuan UMKM Kalbar akan dimulai. 

"Kami tadi sudah berdiskusi dengan beliau (Pak Didi) beliau figur yang sangat mengerti persoalan UMKM, yang sangat perlu dukungan permodalan," ungkapnya. 

Dian mengatakan, UMKM harus diperkuat pemerintah. Sebab, telah berkontribusi menggerakkan perekonomian masyarakat. Banyak sekali, potensi UMKM di Kalbar yang belum tergali.  

Namun, dia optimis di tangan Sutarmidji-Didi, kebangkitan UMKM yang menjadi mimpi, bakal terwujud. Ada kesejahteraan bagi pelaku UMKM dan pendamping, termasuk peningkatan nilai. 

Dalam kesempatan bertemu mantan Kapolda Kalbar itu, Dian juga bercerita kondisi pendamping UMKM Kalbar. Walau belum diperhatikan pemerintah, mereka terus bergerak membantu UMKM hingga ke pelosok negeri. 

"Walau hanya mendapat ucapan terima kasih, tapi kami senang," ungkapnya. 

Sementara itu, Cawagub Didi Haryono memastikan, komitmennya memajukan UMKM di Kalbar. Sebab, UMKM telah berkontribusi besar menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Bahkan, membantu pemerintah membuka lapangan kerja. 

Menurut Didi, kunci kemajuan UMKM terletak pada politikal will, atau kemauan politik kepala daerah. Pria kelahiran Sambas ini menggaransi jika pasangan Sutarmidji-Didi maka UMKM akan menjadi perhatian mereka dengan membantu pelaku usaha mengakses permodalan lewat kerja sama dengan Bank Kalbar. 

"Selain itu, ada cita-cita kami ada satu gedung yang isinya produk UMKM Kalbar. Karena banyak potensi kita, baik itu makanan hingga kerajinan tangan. Makanya komitmen kita berkalaborasi untuk meningkatkan UMKM," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : -

Leave a comment

ikaln

Berita Populer

Seputar Kalbar