Entaskan Pengangguran, Norsan-Krisantus akan Perkuat Pendidikan Vokasi, Sutarmidji Tegaskan Harus Ada Terobosan

23 Oktober 2024 21:22 WIB
Debat Publik Pilgub Kalbar 2024. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Di sesi tanya jawab debat publik Pilgub Kalbar 2024, Calon Gubernur Kalbar nomor urut 1, Sutarmidji berkesempatan memberikan pertanyaan kepada pasangan nomor urut 2, Norsan-Krisantus. 

Sutarmidji pun menanyakan progam Norsan-Krisantus dalam pengentasan pengangguran terbuka. Norsan mengatakan, untuk mengentaskan pengangguran terbuka, maka akan mengaktifkan pendidikan vokasi dan kejuruan. 

“Supaya anak tamat SMK bisa langsung bekerja,” kata Norsan.

Yang kedua, anak-anak muda, akan didorong berwira usaha. Dan, yang paling penting membuka peluang investor sebesar-besarnya. Tujuannya untuk membuka lapangan kerja yang memprioritaskan anak-anak daerah.

“Yang paling penting kebijakan pemerintah berpihak kepada masyarakat. Kalau kibjakan berpihak, maka pengangguran akan berkurang,” kata Norsan.

Menurut Sutarmidji, program yang ditawarkan Norsan-Krisantus masih normatif. Sebab, baginya, untuk mengentaskan angka pengangguran terbuka perlu terobosan.  

“Kalau saya jadi gubernur, BLK akan saya ganti jadi balai pusat sertifikasi keahlian daerah,” ucap Sutarmidji. 

Sebab, mahasiswa-mahasiwa yang sudah lulus, belum tentu dibekali sertifikasi keahlian. Karena itu, mereka sulit untuk mendapat pekerjaan.

“Karena itu mereka harus disertifikasi. Supaya keahliannya terukur dan lebih mudah untuk bekerja di perusahaan-perusahaan,” ucapnya. (Abdul)


Penulis : Abdul Halikurrahman
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

ikalsm

Berita Populer

Seputar Kalbar