Pesan Mahasiswa Jelang Debat Publik Pilkada Sambas 2024: Tumbuhkan Argumen, Hilangkan Sentimen

25 Oktober 2024 09:31 WIB
Mahasiswa Hukum Tata Negara IAIS Sambas, M Luffi Ariadi. (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Tiga pasang kandidat calon kepala daerah Pilkada Sambas 2024, akan menjalani debat publik pada 12 November 2024 difasilitasi KPU Sambas.

Ketiga calon kepala daerah Pilkada Sambas 2024 adalah, Fahrur Rofi-Sabib, nomor urut 1, Satono-Hero, nomor urut 2, dan Misni-Maryadi, nomor urut 3. 

Mahasiswa Hukum Tata Negara IAIS Sambas, M Luffi Ariadi harap tiga paslon ini tampil meyakinkan dalam debat publik nanti. Mereka diminta menjabarkan visi-misi secara rinci. 

Dan yang paling penting, mampu berdebat secara konstruktif dengan argumen yang tajam. Tidak saling menjatuhkan. Juga tidak menyampaikan hal-hal yang bersifat sentimen. 

Sebab menurut Luffi, tujuan utama dari debat publik nanti yaitu menjabarkan visi-misi, dan rencana kerja masing-masing kandidat. Supaya bisa menyakinkan masyarakat sebagai pemilih. 

"Forum debat publik ini bukan tentang menang atau kalah. Juga bukan seperti kuis. Inilah momen pasangan calon bupati dan wakil bupati Sambas memaparkan visi dan misinya kepada masyarakat," ucap Luffi, Kamis (24/10/2024). 

Karena itu, wadah debat publik harus dimanfaat para kandidat untuk bertarung gagasan membangun Sambas lebih maju.

Sehingga masyarakat punya referensi untuk menentukan pilihannya memilih calon kepala daerah yang punya komitmen pembangunan pada 27 November mendatang.

"Jangan sampai debat publik nanti hanya berisi tanya jawab antara panelis dengan pasangan calon, sehingga dinilai hambar dan dirasa tidak memenuhi harapan rakyat," ucap Luffi mengingatkan. 

Ia juga berharap debat publik nanti dikemas dengan baik dan jelas. Harus lebih banyak menggali ide dan gagasan pembangunan Sambas.

Masing-masing kandidat juga diinginkan menyampaikan konsep-konsep pemangunan ekonomi yang bisa menyejahterakan masyarakat.

"Dengan segala persiapan, diharapkan debat publik ini berhasil dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Sambas," ujarnya. 

Untuk diketahui, paslon nomor urut 1, Fahrur Rofi-Sabib diusung tiga partai politik. Di antaranya, NasDem, PKS dan Partai Gelora. 

Sedangkan paslon nomor urut 2, Satono-Hero diusung tujuh partai politik. Di antaranya, Gerindra, Golkar, PKB, PDIP, PAN, Demokrat, dan PPP. 

Adapun paslon nomor urut 3, Misni-Maryadi maju lewat jalur independen atau jalur perseorangan.***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

ikalsm

Berita Populer

Seputar Kalbar