Punya Rekam Jejak yang Baik, Golkar Optimis Sutarmidji-Didi Menangkan Pilgub Kalbar 2024

14 September 2024 21:54 WIB
Sutarmidji-Didi saat mendaftar ke KPU Kalbar sebagai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur untuk Pilgub Kalbar 2024, Rabu (28/8/2024). (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Golkar optimis, pasangan Sutarmidji-Didi Haryono bakal memenangkan kontestasi Pemilihan Gubernur Kalbar 2024. 

Pasangan ini, dinilai tepat memimpin Kalbar ke depan. Sutarmidji sendiri memiliki rekam jejak yang baik, dan telah teruji dengan sejumlah capaian pembangunan yang membanggakan selama menjadi Gubernur Kalbar periode 2018-2023. 

Sedangkan Didi Haryono, adalah mantan Kapolda Kalbar yang juga dikenal punya banyak prestasi selama berkarier di institusi Bhayangkara. 

"Dengan rekam jejak keduanya, kami optimis, InsyaAllah pasangan Sutarmidji-Didi Haryono bakal memenangkan kontestasi Pemilihan Gubernur Kalbar 2024," kata Wakil Ketua Tim Pemenangan Pemilu Partai Golkar Kalbar, Heri Mustamin, Sabtu (14/9/2024). 

Anggota DPRD Kalbar ini menilai, Sutarmidji telah menunjukkan sejumlah prestasi selama memimpin daerah. Misalnya saja saat memimpin Kota Pontianak. Ia berhasil menggenjot PAD yang hanya Rp35-40 miliar. menjadi Rp650 miliar. 

"Terjadi peningkatkan yang signifikan saat pak Sutarmidji memimpin Kota Pontianak. Dari dari Rp40 miliar menjadi Rp650 miliar, dan itu tak mudah," ungkapnya. 

Akhirnya, dengan peningkatan PAD yang terus terjadi Kota Pontianak di era Sutarmidji menunjukan progres kemajuan yang luar biasa. Semua orang tak dapat membantah, kemajuan tersebut terjadi di era Sutarmidji. 

"Dan harus kita akui kemajuan pembangunan Kota Pontianak di era Sutarmidji sangat luar biasa, mulai dari pertumbuhan ekonomi, peningkatan fisikal, pelayanan umum, mulai dari air bersih, tata kelola pemerintahan dan segala macam," katanya. 

Prestasi gemilang itu, juga kembali ditorehkan Sutarmidji saat memimpin Kalbar. Inovasi yang dilakukan era Sutarmidji memimpin Kalbar berhasil menggenjot peningkatan PAD hingga hampir 100 persen. 

Heri ingat betul, saat itu PAD Kalbar hanya Rp1 triliun lebih. Namun, sampai Sutarmidji mengakhiri masa jabatan meningkat menjadi Rp3,2 triliun. 

Padahal, kala itu situasi tak mudah. Kalbar tengah dihadapkan dengan kondisi Covid-19 yang membuat perekonomian masyarakat terganggu. 

"Tapi, di tengah Covid-19 yang memprihatinkan kita semua, tapi Pemprov Kalbar di bawah kepemimpinan Pak Sutarmidji berhasil meningkatkan PAD menjadi Rp3,2 triliun," katanya.

Di samping itu, Sutarmidji juga berhasil melakukan percepatan dalam pembangunan infrastruktur. Bahkan, jalan mantap yang saat menjabat hanya 49,9 persen berhasil ditingkatkan menjadi 80 persen. 

Selain itu, Sutarmidji juga berhasil membangun desa mandiri. Yang semula hanya satu desa di Desa Sutra Kayong Utara, sekarang ada 1.029 desa. Tidak ada lagi desa sangat tertinggal. Yang ada hanya desa mandiri dan maju. 

Di samping itu, Sutarmidji juga sudah menunjukan bagaimana pemerintah hadir memberikan pendidikan gratis khususnya untuk SMA dan SMK. 

Program yang awalnya diragukan banyak pihak, kini sudah dirasakan langsung masyarakat dan berlangsung sejak 2019.

Tak hanya itu, Sutarmidji juga berhasil membangun desa mandiri. Yang semula hanya satu desa di Desa Sutra Kayong Utara, sekarang ada 1.029 desa. Tidak ada lagi desa sangat tertinggal. Yang ada hanya desa mandiri dan maju. 

Heri pun menaruh optimis, jika mendapat amanah masyarakat Kalbar dipimpin Sutarmidji kedepan semakin maju. Sebab, Didi Haryono sendiri adalah figur pemimpin yang paham persoalan. 

Ia merupakan putra kelahiran Sambas, dan besar di Singkawang. Selama karier, Didi Haryono telah mencatatkan sejumlah prestasi membanggakan. 

"Pak Didi ini kader Golkar. Beliau sosok purnawirawan yang berprestasi, dan pernah menjadi Kapolda Kalbar," ungkapnya. 

Didi Haryono sendiri menjabat Ketua Dewan Pertimbangan Golkar. Sebelum memilih terjun ke politik, ia juga merupakan Komisaris Utama Bank Kalbar. 

"Beliau juga terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Komisaris Bank Pembangunan Daerah di Indonesia. Secara kepentingan ekonomi tak ada masalah dan secara kemampuan intelektual pak Didi mempuni," ungkapnya. 

Atas dasar kemampuan dan rekam jejak tersebut, Golkar optimis pasangan Sutarmidji-Didi Haryono bakal memenangkan kontestasi kepala daerah. 

"InsyaAllah, kontestasi akan kita menangkan. Tentunya kami bersama partai koalisi pengusung pak Sutarmidji-Didi akan bekerja keras memenangkan pertarungan ini," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar