Penyeberangan Kapal Fery Mayam Sanggau, Terapkan K3 Jaga Keselamatan Kerja

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kapal penyeberangan ferry merupakan salah satu transportasi laut, yang melayani antar seberang sungai dari pelabuhan Mayam menuju pelabuhan Bintang Harapan Desa di Kabupaten Sanggau.

Berbagai aktivitas bongkar muat barang, seperti mengangkut kendaraan maupun penumpang yang hendak menyeberang dilakukan di Pelabuhan Bintang Harapan Desa ini.

Penerapan K3 sangat diperlukan di bidang transportasi laut, khususnya kapal ferry diharapkan dapat mengoptimalkan K3, sehingga para pekerja dapat berkerja dengan sehat, aman dan nyaman.

Untuk menunjang keselamatan dan keamanan para pekerja, penyebarangan ferry yang berada di pelabuhan Mayam telah membekali para pekerja dengan perlengkapan APD.

Ini diungkapkan Darso selaku petugas kapal. Diakuinya, untuk menjaga keselamatan dan keamanan perkerja wajib memakai alat pelindung diri (APD), dengan tepat dan benar serta mematuhi semua syarat K3 yang diwajibkan.

“Setiap pekerja dianjurkan tetap menggunakan peralatan pendukung selama berkerja di kapal, seperti memakai topi, sepatu safety dan jaket pelampung,” ujarnya pada Minggu(27/8/2023).

“Jaket pelampung merupakan salah satu peralatan K3 yang wajib ada di Kapal,” tambahnya

Menurut Darso, jaket pelampung berbentuk seperti safety berfungsi untuk membuat penumpang atau pekerja dapat mengapung saat berada di laut, dalam kondisi darurat, seperti saat kapal akan tenggelam.

Ia mengatakan, perkerjaan kapal memiliki resiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi, salah satunya kebakaran yang perlu diantisipasi untuk keselamatan para pekerja maupun untuk keamanan penumpang.

Oleh sebab itu, penyebarangan kapal juga membekali pekerja dengan APD, dan menyediakan alat pemadam api, sewaktu terjadi kebakaran kecil umumnya dalam situasi darurat.

“Persediaan alat kebakaran penting, seperti peletakan APAR-pun harus ditempatkan di tempat-tempat tertentu dan mudah terlihat sehingga memudahkan didalam penggunaannya,” terangnya.

Dirinya berharap, dengan adanya langkah-langkah yang dilakukan untuk penerapan K3, dapat memberi pemahaman terkait pentingnya keselamatan dan keamanan saat berkerja. (Evi)***


Penulis : admin
Editor :

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar