Harisson Harap Lulusan UPT-PKPTK Kalbar Ciptakan Lapangan Kerja

9 Juli 2024 11:54 WIB
Pj Gubernur Kalbar, Harisson saat membuka pelatihan kerja tahap tiga di Unit Pelatihan Teknis-Pusat Kegiatan Pelatihan Tenaga Kerja (UPT-PKPTK) Kalbar, Selasa (9/7/2024). (Insidepontianak.com/Greg)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pj Gubernur Kalbar, Harisson berharap lulusan Unit Pelaksana Teknis-Pusat Kegiatan Pelatihan Tenaga Kerja atau UPT-PKPTK Kalbar, dapat menciptakan lapangan kerja.

Sebab, mereka sudah dibekali skill dan tersertifikasi. Sehingga sangat memungkinan untuk membuka usaha. Dengan begitu, lulusan UPT-PKPTK bisa membantu pemerintah menekan angka pengangguran. 

"Maka, saya harap peserta pelatihan kerja di UPT-PKPTK bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya," harapnya.

Harisson meyakini, membuka usaha saat ini tidak susah. Sebab, sudah ada fasilitas kredit usaha yang bisa diajukan di berbagai bank plat merah dengan suku bunga yang kecil. Bank Kalbar salah satunya. Yang pening konsep usahanya direncanakan dengan baik. Dengan begitu, pengajuan kredit bisa lebih mudah diberikan. 

"Karena itu, dalam pelatihan di PKPTK, peserta perlu diberikan pengetahuan tentang kredit membuka usaha kecil, sehingga setelah lulus mereka punya jalan membuka usaha," pesan Harisson.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalbar, Hermanus mengatakan bahwa saat ini UPT-PKPTK sudah memasuki pelatihan tahap tiga.

"Tahap tiga ini merupakan kerja sama antara Disnakertrans Kalbar dan Pemerintah Kabupaten Sanggau," kata Hermanus.

Terdapat 42 pencari kerja yang mengikuti pelatihan ini, di antaranya 16 orang jurusan otomotif, 10 orang jurusan teknik AC, dan 16 orang jurusan listrik.

Ia mengungkapkan, bahwa UPT PKPTK telah bekerja sama dengan berbagai pihak, baik itu pihak swasta ataupun pemerintah.

"Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini, tingkat pengangguran terbuka dapat diturunkan," pungkasnya.***


Penulis : Gregorius
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment