51 Calon Tenaga Kerja Ikuti Penyuluhan dan Bimbingan di Disnakertrans Kalbar

24 Juli 2024 13:23 WIB
Kepala Disnakertrans Kalbar, Hermanus saat membuka acara penyuluhan dan bimbingan jabatan pencari kerja di Kantor Disnakertrans Kalbar, Rabu (24/7/2024). (Insidepontianak.com/Greg)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi atau Disnakertrans Kalimantan Barat, menggelar penyuluhan dan bimbingan jabatan bagi pencari kerja di Kantor Disnakertrans Kalbar, Rabu (24/7/2024).

Kegiatan ini mengangkat tema “Wujudkan Impianmu Bekerja di Perusahaan Terbaik Bersama Paker Id”. Sesuai dengan tema, maka Disnakertrans Kalbar menghadirkan 51 orang calon tenaga kerja.

Mereka terdiri dari mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) semester akhir, dan alumni pelatihan kerja Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja dan Produktifitas Tenaga Kerja (UPT-PKPTK).

Kepala Disnakertrans Kalbar, Hermanus mengatakan, bahwa penyuluhan dan bimbingan jabatan adalah suatu aktivitas dengan maksud mempertemukan karakteristik individu dengan peluang kesempatan kerja. Dan mempersiapkan, diri untuk siap turun ke dalam dunia kerja.

“Melalui bimbingan kita dapat memiliki gambaran secara objektif, untuk menentukan pilihan karir secara tepat,” kata Hermanus.

Oleh sebab itu, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Disnakertrans Kalbar dalam rangka memberikan penyuluhan dan bimbingan kepada para pencari kerja.

“Supaya mereka dapat pekerjaan yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat,” ungkapnya.

Di samping itu, Hermanus berharap, melalui kegiatan ini, para pencari kerja dapat ikut berkontribusi membantu pemerintah Kalbar dalam mengatasi tingkat pengangguran terbuka.

“Sekarang tingkat pengangguran kita pada bulan Februari 2024 berada diangka 4,2 persen,” ungkapnya.

Menurut data, angka pengangguran terbuka di Kalbar pada tahun 2024 mengalami penurunan sebesar 0,3 persen dibandingkan tahun 2023 bulan Februari 2023, yaitu sebesar 4,5 persen.

Sementara itu, Hermanus mengajak calon-calon tenaga kerja yang sudah menyelesaikan pendidikannya, agar dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

“Kami telah banyak menyiapkan pelatihan kerja, bagi calon tenaga kerja yang ingin mengembangkan kemampuannya,” pungkasnya.***


Penulis : Gregorius
Editor : -

Leave a comment

wwwq

Berita Populer

Seputar Kalbar