Respons Kasus Bangunan Ambruk Tewaskan Pekerja, Yandi: Pemkot Harus Tingkatkan Pengawasan K3

5 Agustus 2024 11:33 WIB
Anggota DPRD Pontianak, Yandi. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota DPRD Kota Pontianak, Yandi menyampaikan duka mendalam atas musibah ambruknya bangunan di Jalan Martapura Pontianak yang menyebabkan satu korban tewas.

Ia mendorong agar kasus ini menjadi perhatian pemerintah untuk meningkatkan pengawasan. Sebab, kejadian bangunan ambruk bukan kali pertama terjadi di Pontianak. Sebelumnya, bangunan ambruk juga pernah terjdi di Jalan Veteran Pontianak.

"Artinya kejadian serupa terjadi berulang-ulang. Menjadi pertanyaan kita bagaimana pengawasan sertifikat layak bangunan yang tidak berjalan," kata Yandi.

Yandi mengatakan, sertifikat layak bangunan menjadi hal penting yang mesti dimiliki masyarakat. Sebab, dengan kepemilikan sertifikat tersebut membuktikan bangunan tersebut layak, dan struktur bangunan kokoh karena sudah dipastikan pemerintah.

"Semestinya dengan data yang dimiliki pemerintah bagunan mama yang sudah melakukan sertifikat layak fungsi dan yang belum, harusnya dilakukan pendampingan sehingga tak ada bangunan yang bermasalah," terangnya.

Legislator Hanura ini juga mendorong agar dilakukan penyelidikan terkait kelalaian dalam musibah tersebut. Sebab, menurut informasi tiga pekerja ini diminta melakukan pembongkaran bangunan.

"Tentu dari segi keselamatan harus ada K-3 untuk perlindungan pekerja. Makanya kita minta dilakukan penyelidikan apakah ada unsur kelalaian karena sekarang ini lagi heboh soal kelalaian," pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar