HUT Kota Pontianak ke-253, Zulfydar: Harap Jadi Kota Jasa Makin Maju

23 Oktober 2024 09:16 WIB
Anggota DPRD Kalbar Zulfydar Zaidar Mochtar. (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Anggota DPRD Kalbar, Zulfydar Zaidar Mochtar mengucapkan selamat hari jadi atau HUT Kota Pontianak ke-253. 

Ia berharap, Kota Pontianak sebagai kota jasa dan perdanganan ke depan semakin baik. Menjadi kota maju dan bahagia warganya.

“Kami mengucapkan selamat HUT Kota Pontianak ke-253, semoga makin baik dan menjadi kota yang maju,” ucap Zulfydar Zaidar Mochtar, Selasa (23/10/2024).

Ia menaruh harapan, momentum hari jadi Kota Pontianak akan membuat Kota Khatulistiwa makin berkembang. Menjadi tempat yang nyaman bagi semua orang. 

Di samping itu, Kota Pontianak diharapkan terus berbenah mengatasi berbagai persoalan yang belum tuntas. Salah satunya genangan air.

Ketua Fraksi PAN Kalbar ini menilai, genangan kerap terjadi saat hujan deras melanda Kota Pontianak di jalan-jalan utama. Misalnya saja daerah Purnama, Gajah Mada.

“Begitu 3-5 jam hujan, diikuti pasang air yang tinggi sangat mudah tergenang,” katanya.

Menurut legislator PAN ini, salah satu penyebab genangan karena daerah resapan yang makin berkurang, seiring dengan pembangunan yang dilakukan di Kota Pontianak. 

Dia mencontohkan, hampir seluruh sudut kota sudah dibangun, dan membuat serapan makin kecil. Dampaknya membuat laju air menjadi terhambat.

“Apalagi ditambah saluran drainase tidak terhubung dengan baik, akibat sampah,” katanya.

Sementara pengerukan parit, dan penataan drainase juga belum sepenuhnya optimal. Maka, dia mendorong agar pengerukan parit dan pembersihan drainase harus menjadi fokus pemerintah ke depan. 

Harus ada solusi mengatasi permasalahan genangan tersebut. Tentunya, melibatkan para ahli untuk mencari solusi dalam mengatasi persoalan genangan ini. 

“Pembenahannya bisa menggunakan anggaran pemerintah kota, APBD provinsi lewat pokir dewan, hingga APBN. Tapi harus jelas dulu, masalahnya apa,” ucapnya. 

Namun Zulfydar memuji kepemimpinan Ani Sofyan membangun Kota Pontianak. Menurutnya ada percepatan yang dilakukan selama Kepala BKD Provinsi Kalbar itu menjabat. Bahkan, dia melihat kepemimpinan Ani bisa mendengar dan merasakan keinginan masyarakat.

Dia juga bepersan di momentum HUT Kota Pontianak masyarakat tak melupakan jasa pendiri Kota Pontianak, Sultan Syarif Abdurahman. Termasuk Wali Kota Pontianak sebelumnya yang telah membawa percepatan pembangunan. 

Zulfydar mengaku sudah berkeliling ke berbagai kota di Indonesia. Kelebihan Kota Pontianak adalah kota yang bersih. Karenanya kelebihan yang dimiliki Kota Pontianak harus dipertahankan. 

Sekretaris DPW PAN Kalbar ini juga mengapresiasi pencapaian Kota Pontianak mendapat rekor MURI dalam tari jepin yang di ikuti 33 orang pada Minggu (20/10/2024). Dia berharap agar capaian-capaian yang baik tersebut terus dilakukan dalam bidang-bidang lainya. 

Sebagai kota jasa dan perdagangan, Zulfydar juga menaruh harapan agar segala kelangsungan kehidupan masyarakat dan pelaku usaha harus dipermudah. 

Sebab, Kota Pontianak hanya mengandalkan sektor jasa dan perdagangan. Makanya, investasi yang ada harus dipertahankan.

“Kalau boleh ditambah, kemudahan harus diberikan. Ini berkaitan dengan lapangan pekerjaan, sumber daya manusia yang menjadi tantangan, kaitan dengan bonus demografi dan Indonesia Emas 2024,” pungkasnya.***


Penulis : Andi Ridwansyah
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

ikalsm

Berita Populer

Seputar Kalbar