Lestarikan Budaya dan Memajukan UMKM, Midji Dorong Festival Budaya Melayu Jadi Event Tahunan

23 Oktober 2024 16:08 WIB
Dewan Kehormatan MABM Kalbar Sutarmidji meninjau stand UMKM pada Festival Budaya Melayu yang digelar MABM Kalbar. (Tim Media Midji-Didi)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Calon Gubernur Kalbar nomor urut 1, Sutarmidji berkomitmen menjadikan perhelatan Festival Budaya Melayu sebagai agenda tahunan.

Festival Budaya Melayu dinilai Sutarmidji bisa menjadi sarana mengajak para generasi muda untuk turut melestasikan budaya.

Selain itu, Festival Budaya Melayu pun bisa menjadi ajang mendongkrak perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sehingga menurut Sutarmidji ke depan Festival Budaya Melayu harus menjadi agenda yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun.

Hal itu diungkapkan Sutarmidji usai hadir dalam malam grand final pemilihan abang kakak yang menjadi rangkaian Festival Budaya Melayu Kalbar pada Selasa (22/10/2024).

Sutarmidji menjadi tamu kehormatan yang diundang oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kalbar dalam agenda tersebut.

Apalagi saat ini Sutarmidji pun tengah mengemban amanah sebagai anggota Dewan Kehormatan MABM Kalbar.

Kedatangan Gubernur Kalbar periode 2018-2023 tersebut disambut hangat oleh Ketua Umum DPP MABM Kalbar Chairil Effendy serta jajaran pengurus lainnya.

"Saya berharap festival budaya melayu ini menjadi agenda setiap tahun, kan gawai setiap tahun festival budaya melayu juga (bisa) setiap tahun," ungkap Sutarmidji.

Dalam kesempatan itu Cagub nomor urut 1 Sutarmidji pun mengunjungi satu persatu stand yang meramaikan Festival Budaya Melayu.

Kehadirannya Sutarmidji disambut hangat pengunjung yang memadati halaman Rumat Adat Melayu Kalbar. Mereka pun secara spontan meminta untuk berfoto bersama Sutarmidji.

Silih berganti warga mengabadikan foto dengan telpon genggam mereka masing-masing. Kedekatan Sutarmidji dengan warga sangat tercermin dalam momentum tersebut.

Sesekali warga mencandai Wali Kota Pontianak dua periode itu, hal itu pun dijawab Sutarmidji hingga menimbulkan gelak tawa.

"Festival Budaya Melayu ini harus jadi agenda setiap tabun saya sudah pernah sampaikan kepada MABM, itu lebih baik dulu, ada Festival Budaya Khatulistiwa sekarang Festival Budaya Melayu," katanya.

Sutarmidji menyebut Festival Budaya Melayu bisa menjadi agenda dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalbar yang pelaksananya MABM.

Sehingga tidak terkena aturan hibah lantaran jika festival ini menjadi agenda Disporapar maka bisa digelar setiap tahun seperti festival lainnya.

Apalagi Festival Budaya Melayu itupun dinilai Sutarmidji memiliki pengaruh yang cukup besar diantaranya untuk memupuk kebersamaan antar masyarakat.

Kemudian menjadi ajang pameran bagi produk-produk UMKM terlebih sekarang Menteri UMKM berasal dari Kalbar.

"Kita terus kembangkan potensi-potensi yang ada disetiap daerah melalui berbagai ragam festival budaya," pungkasnya.***


Penulis : ril/bis
Editor : -

Leave a comment

ikalsm

Berita Populer

Seputar Kalbar