Dinas Pertanian Sambas Terjunkan PPL Atasi Hama yang Menyerang Pohon Durian Petani di Sajingan

16 Juni 2024 10:44 WIB
Petugas PPL melakukan penyemprotan hama di yang menyerang pohon durian petani di Desa Sajingan Besar. (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, terjunkan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), memberantas hama yang menyerang pohon durian petani di Sajingan Besar. 

Petugas PPL juga dibantu petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pemprov Kalbar dalam penanganan hama ini.

“Penanganan hama ulat dengan melakukan pengeboran dengan cara memasukkan insektisida dengan bahan aktif delta metrin,” kata Anita, petugas POPT dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pemprov Kalbar. 

Ia berharap, pengendalian hama kali ini membuahkan hasil. Sehingga pohon durian petani di Sajingan Besar, bisa selamat dan produktif berbuah.

“Kami memberikan sarana bantuan berupa pestisida untuk penanganan ulat pada tanaman durian, dan juga pengaplikasiannya sudah kita sampaikan,mudah-mudahan durian bisa selamat,” katanya.

“Pestisida ini untuk merangsang daun agar ternutrisi kembali,” lanjutnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Sanatab, Enso menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sambas telah cepat melakukan pengendalian hama ulat tersebut.

“Kami dari pemerintah desa mengucapkan terima kasih kepada dinas pertanian Kabupaten Sambas dari warga kami terutama yang terdampak hama durian,” ucapnya.***


Penulis : Antonia Sentia
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment