Safari Politik ke Lima Titik di Pemangkat, Sutarmidji Serap Aspirasi Masyarakat dan Nelayan

9 September 2024 20:21 WIB
Sutarmidji temui nelayan di Desa Penjajap, Kecamtan Pemangkat. (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Usai silaturahmi dengan nelayan di Kecamatan Selakau, Sutarmidji melanjutkan lawatan menemui masyarakat di Kecamatan Pemangkat.

Kedatangan calon gubernur Kalbar itu pun disambut antusias warga Pemangkat. Di kecamatan ini, Sutarmidji menemui masyarakat di lima titik. Dari Desa Pemangkat Kota sampai Desa Penjajap.

Di Pemangkat Kota, Sutarmidji menemui barisan relawannya. Setelah itu, ia bertolak ke kediaman salah seorang tokoh desa. Pertemuan itu selain silaturahmi, sekaligus menyerap aspirasi.

Setelah itu, Sutarmidji melaksanakan ibadah salat zuhur di Masjid Besar At-Taqwa Pemangkat. Usai salat, ia lanjut menyambangi masyarakat Desa Penjajap.

Di Desa Penjajap, Sutarmidji juga menemui para nelayan. Mereka berdialog dan berdiskusi. Nelayan menyampaikan sejumlah harapan pembangunan kepada Sutarmidji.

Seperti pengerukan alur sungai. Sebab, kondisi alur yang ada saat ini sudah dangkal. Jika air surut, kapal nelayan tak dapat turun menangkap ikan ke laut.

Dialog Sutarmijdi besama nelayan di Desa Penjajap berlangsung cair. Saling menyampaikan dan menyerap aspirasi.

Di kesempatan kunjungan ini, Sutarmijdi tak lupa menyampaikan capaian-capaiannya selama lima tahun menjabat Gubernur Kalbar yang memprioritaskan tiga aspek pembangunan: Infrastruktur, kesehatan dan pendidikan.

Ia pun memastikan, pembangunan di Kabupaten Sambas yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi Kalbar meliputi tiga aspek prioritas itu, hampir tuntas dilaksanakan.

"Pembangunan jalan provinsi di Sambas hampir tuntas,” ucapnya.

Kemudian pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar yang diusulkan Pemprov Kalbar di masanya menjabat gubernur, telah direaliasikan oleh pemerintah pusat.

“Pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar ini, saya yang minta pada Pak Presiden Jokowi saat beliau kampanye menuju periode kedua. Beliau oke, langsung dibangun. Insyaallah November ini selesai," katanya.

Sutarmidji pun memohon doa dan restu untuk maju kembali dalam Pilgub Kalbar 2024 untuk menuntaskan program yang belum selesai.

Dia menjamin, jika kembali terpilih menjadi gubernur Kalbar, pembangunan yang telah dilaksanakan akan terus dilanjutkan. Sementara yang masih belum selesai, akan disempurnakan.

Adapaun Kecamatan Pemangkat yang mayoritas masyarakatnya berpenghasilan sebagai nelayan, akan jadi perhatian khusus, supaya sektor kelautan ini bisa memberikan kesejahteraan bagi nelayan.

"Karena di sini berpenghasilan sebagai nelayan sangat besar, maka kami akan beri perhatian khusus," kata Sutarmidji.

Kunjungan Sutarmijdi di lima titik di Kecamatan Pemangkat didampingi bakal calon bupati Sambas Fahrur Rofi.

Rofi pun memuji kinerja Sutarmidji selama menjabat Gubernur Kalbar di periode pertama. Menurutnya, perhatian Sutarmidji bagi Kabupaten Sambas sangat besar. Mulai dari pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, sekolah, dan lain sebagainya.

Bahkan, kata Rofi, Sutarmijdi juga banyak memberi kesempatan bagi orang-orang asal Sambas berkarier di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalbar, dengan jabatan-jabatan strategis.

"Itu menunjukkan beliau peduli dengan orang Sambas. Tapi persoalannya, beliau ini tak gemar pamer. Jadi tugas saya sebagai putra Sambas yang memberitahu orang Sambas lainnya, apa yang telah beliau buat untuk Sambas," kata Rofi.

Yang tak kalah penting bagi Rofi, calon wakil gubernur yang dipilih Sutarmidji pun menunjukkan bukti nyata kesayangannya terhadap Sambas.

Di mana, Didi Haryono yang dipilih menjadi pendampingnya, merupakan putra kelahiran Kabupaten Sambas. Bagi Rofi, kiprah Didi sudah tak diragukan.

Didi adalah jenderal polisi bintang dua dengan jabatan terakhir sebagai Kapolda Kalbar, hingga menjabat Komisaris Utama Bank Kalbar.

"Sehingga saya yakin kepedulian beliau (Sutarmidji-Didi) terhadap Sambas tidak akan luntur. Mari semuanya, semangat yang bapak dan ibu tularkan ke saya, juga ditularkan ke Pak Midji dan Pak Didi. Bersama kita menangkan Pak Midji dan Pak Didi," ajaknya.***


Penulis : Abdul Halikurrahman/bis
Editor : Abdul Halikurrahman

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar