Simulasi Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2024 Dilakukan Polres Sanggau

22 Agustus 2024 10:35 WIB
Foto: insidepontianak.com -- personel kepolisian saat simulasi pengamanan di Lapangan Taman Sabang Merah, Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas.

SANGGAU, insidepontianak.com -- Personel kepolisian tampak sudah sangat siap mengamankan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Kabupaten Sanggau. 

Hal itu terlihat saat Kepolisian Resor (Polres) Sanggau melaksanakan simulasi pengamanan di Lapangan Taman Sabang Merah, Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas.

Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polres Sanggau, Komisaris Polisi (Kompol) Wahyu Hartono mengatakan simulasi dilakukan untuk pengamanan seluruh tahapan Pilkada yang rawan. 

Mulai dari tahap distribusi logistik, tahap kampanye, masa tenang, pungut hitung suara dan rekapitulasi suara.

"Disetiap tahapan tentunya memiliki kerawanan yang perlu dipahami oleh setiap personel dalam melakukan pengamanan," kata Wahyu Hartono disela-sela simulasi.

Kemudian, Wahyu sapaan akrabnya menjelaskan simulasi pengamanan dilakukan pada situasi yang aman hingga situasi kericuhan.

Selain melakukan simulasi pengamanan, Wahyu mengatakan pihaknya juga telah melakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan Pilkada Kabupaten Sanggau.

"Sebelum tahapan (simulasi) ini berjalan, kita jauh hari sudah melakukan kegiatan preemtif dan preventif," kata mantan Kapolsek Ngabang Polres Landak itu.

Langkah preventif dan preemtif yang dilakukan seperti penggalangan, himbauan, sosialisasi dan patroli rutin. Termasuk juga dengan melibatkan, stakeholder terkait dan unsur masyarakat dalam pengamanan Pilkada. (ans)


Penulis : Dina Prihatini Wardoyo
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar