DPRD Soroti Kinerja PDAM Tirta Pancur Aji Sanggau, Acam: Masyarakat Mengeluh Bertahun-tahun

3 September 2024 15:13 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Sanggau, Acam.

SANGGAU, insidepontianak.com -- Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Sanggau Acam mengkritisi rencana penambahan penyertaan modal daerah untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pancur Aji Kabupaten Sanggau.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten Sanggau, dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan tahun anggaran 2024 mengusulkan penambahan modal di PDAM Tirta Pancur Aji  untuk sebesar Rp.2 Milyar.

"Dan hari ini, ada upaya untuk meminta tambahan anggaran. Ini akan kita bahas bersama, jika disetujui, penekanannya tentu pada harus adanya perbaikan yang signifikan dari sistem tata kelola PDAM," kata Acam kepada insidepontianak.com pada Senin (2/9/2024) di Kantor DPRD Kabupaten Sanggau. 

Selain itu, Acam juga menyoroti kinerja PDAM Tirta Pancur Aji yang tidak berubah lebih baik. "Persoalan utama, kualitas pelayanan, harga yang tergolong mahal, debit air yang tidak memenuhi standar dan kualitas air juga," ujar Acam.

Acam menilai, pihak PDAM Tirta Pancur Aji tidak inovatif. Kemudian manajemen tidak profesional dan perencanaan anggaran yang tidak terukur.

"Kita tinggal di atas air kok, masa itu saja gak bisa," cetus politisi Partai Hanura Sanggau itu.

Ia mengaku heran dengan kondisi perusahaan milik daerah Kabupaten Sanggau itu. Padahal kata Acam, pihaknya telah sering melakukan evaluasi, memberikan saran dan masukan untuk perbaikan kinerja PDAM.

"Ini bertahun-tahun lo, keluhan kami terima sudah sangat banyak (dari masyarakat)," pungkasnya. (Ans)


Penulis : Ansar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar