Pemkab Sanggau Serahkan Bantuan Optimalisasi Lahan Sawah Capai 1.500 ha

16 September 2024 12:46 WIB
Foto: insidepontianak.com -- Kepala DKPTPHP Kabupaten Sanggau, Kubin.

SANGGAU, insidepontianak.com -- Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) mendapatkan bantuan kegiatan optimalisasi lahan sawah/rawa seluas 1.500 ha bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2024, Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia.

Kepala DKPTPHP Kabupaten Sanggau, Kubin mengatakan bantuan kegiatan optimalisasi lahan sawah dialokasikan kepada kelompok tani di Kecamatan Tayan Hilir dan Kecamatan Balai dengan luas 1.000 ha.

"Di Tayan Hilir ada dua desa, Desa Cempedak dan Desa Tebang Benua. Kemudian, di Kecamatan Balai ada tiga desa, Desa Temiang Mali, Desa Kebadu dan Desa Birang," terang Kubin pada Senin (16/9/2024).

Kubin menambahkan, pengerjaan optimalisasi lahan sawah secara keseluruhan di dua Kecamatan tersebut sudah mencapai 70 persen. Lalu, sisa 500 ha, masih dalam tahap verifikasi lahan atas pengajuan dari kelompok tani.

"Irigasi yang dibangun dalam rangka optimalisasi lahan rawa ini, itu tadi itu mengurangi air yang tinggi ketika musim hujan, mungkin lebih dari tiga sampai empat hari tergenang gitu.  Nah, itu yang kami coba masuk juga di sana," kata Kubin.

Lanjut Kubin, bantuan kegiatan optimalisasi lahan sawah dari Kementan RI betul-betul sangat membantu para petani. Ia berharap, pada tahun selanjutnya bantuan kegiatan seperti sekarang masih ada dan bisa dimanfaatkan oleh petani di Kabupaten Sanggau. 

"Karena ini sangat membantu infrastruktur bagi para petani kita," tuturnya. (Ans)


Penulis : Ansar
Editor : Dina Prihatini Wardoyo

Leave a comment

Ok

Berita Populer

Seputar Kalbar